Porseni 2023 Digelar di GOR Sritex Arena Solo, Ajang Seni dan Olahraga

Laporan: Sinpo
Selasa, 17 Januari 2023 | 00:56 WIB
Porseni NU 2023 (Foto: Dok. Pan Porseni NU)
Porseni NU 2023 (Foto: Dok. Pan Porseni NU)

SinPo.id - Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) 2023 dibuka di GOR Sritex Arena, Surakarta, Jawa Tengah, Senin 16 Januari 2023.  Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta menghadiri pembukaan menilai Porseni merupakan sebagai salah satu bentuk pencarian atlet berbakat. Harapannya kedepan adalah untuk memperkuat tim nasional pada berbagai kejuaraan internasional.

“Kemenpora mengapresiasi adanya Porseni ini. Kegiatan ini sekaligus jadi ajang pencarian bibit atlet, karena ada banyak cabang olahraga yang dipertandingkan,” kata Deputi Isnanta.

Deputi Isnanta berharap Porseni bisa dilakukan lagi diwaktu yang akan datang. Kemudian cabang olahraga nya juga semakin banyak. Begitu juga dengan jumlah atletnya. 

“Semoga multievent seperti ini ada lagi kedepannya. Semakin banyak cabang olahraganya dan pesertanya. Kegiatan ini juga membawa dampak ekonomi yang baik di Surakarta dan sekitarnya, karena banyak orang yang datang ke daerah sini,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Deputi Isnanta berharap Porseni tahun ini juga bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Kemudian juga menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan saling menghormati antara satu dengan yang lain.

“Tentu sportivitas harus dijaga, respek, dan sportif. Karena nilai-nilai ini akan terbawa dikehidupan sehari-hari, ini adalah pendidikan yang nyata. Selamat bertanding, sekali lagi jaga sportivitas,” jelas Deputi Isnanta.

Porseni NU 2023 dibuka secara langsung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Pembukaan ditandai dengan pembunyian terompet oleh Erick didampingi Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Yenny Wahid, dan Ketua Panitia Porseni NU 2023 Nusron Wahid.

Acara semakin meriah setelah adanya penampilan Tari Perisai Nusantara Bangkit, pengenalan kontingen se-Indonesia oleh Paskibraka Surakarta. Satu per satu dari mereka membawa bendera. 

Kemudian, Porseni NU 2023 mempertandingkan cabang olahraga sepak bola, bola voli, bulu tangkis, dan pencak silat. Ada juga perlombaan seni yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), dan hafalan kitab alfiyahsinpo

Komentar: