Dewan Pers SinPo

Klenteng Hok Tik Bio Blora Gelar Perayaan Imlek, Dihibur Liang Liong dan Barongsai

Laporan: Sinpo
Minggu, 22 Januari 2023 | 23:45 WIB
Klenteng Hok Tik Bio (blorakab)
Klenteng Hok Tik Bio (blorakab)

SinPo.id -  Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora menyelanggarakan sembahyang menyambut tahun baru Imlek 2574 yang jatuh pada hari Minggu 22 Januari 2023.

Sebagian warga Tionghoa keturunan di Blora melakukan sembahyang dan doa bersama dengan penuh khidmat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di Klenteng Hok Tik Bio Blora, Sabtu 21 Januari 2023 petang hingga malam hari.

Ketua Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hok Tik Bio Blora Budilistijo Suboko melalui Sekretaris Yayasan TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora Bambang Suharto menjelaskan perayaan Imlek tahun ini selain ritual persembahyangan juga dihibur dengan pertunjukan Liang Liong dan Barongsai dari kelompok Naga Mustika Blora.

“Karena ritual ini tentu tidak bisa kita tingggalkan. Kita tetap melakukan ritual sembahyang, terutama pada tahun baru Imlek, adalah hari dimana kita berterimakasih, mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan para Sing Te,” ucapnya seperti dilansir Dinkominfo Blora pada Minggu 22 Januari 2023.

Hal itu, lanjutnya, bahwasanya kita semua telah diberikan kesempatan sampai dengan hari ini menjelang tahun baru Imlek sehingga patut mengucapkan terimakasih dan rasa bersyukur baik, dengan harapan di tahun mendatang akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Baik itu kesehatan, rejeki dan lainnya. Itu yang diharapkan lebih baik dari tahun yang kemarin.

“Jadi harapannya, Imlek 2574 ini bisa membawa berkah untuk kita semua. Banyak kendala, persoalan, banyak kejadian-kejadian yang boleh dibilang itu sangat membuat bangsa dan negara kita menjadi susah, mudah-mudahan dari Imlek ini nanti tahun baru, semangat baru, harapan baru, semuanya berjalan dengan baik,” ungkap Bambang Suharto.

Dalam doa, menurutnya, juga memohon supaya pandemi COVID-19 ini benar-benar segera berlalu. Serta berdoa untuk pimpinan bangsa ini semoga dikaruniai kesehatan sehingga masih tetap terus memimpin bangsa ini ke arah kemajuan yang lebih baik.

Pihaknya menambahkan perayaan Imlek tahun ini lebih ramai pengunjung karena sudah tiga tahun tidak menggelar pertunjukan Liang Liong dan Barongsai akibat pandemi COVID-19.

“Tahun ini warga yang datang lebih ramai. Kami smapaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah datang dan merayakan Imlek 2574,” tambahnya.

Sementara itu Darmawan, Ketua II Yayasan TITD Klenteng Hok Tik Bio Blora menambahkan pada perayaan Imlek kali ini ada beberapa kue yang disajikan seperti lumpia, pisang goreng, kue keranjang goreng.

“Kalau kulinernya tadi soto, kita nikmati bersama,” ucap Darmawan.

Ungkapan senada disampaikan oleh Jimmy dan Vina, pasutri muda WNI keturunan itu berharap di tahun baru Imlek 2574 ini diberikan banyak rejeki, lancar usaha, jauh dari kesusahan dan malapetaka.

“Semoga panjang umur, bahagia, rejekinya tahun lebih lancar. Di tahun kelinci air ini, aku bakal melahirkan anak pertama, semoga sehat,” kata Vina yang lagi mengandung anak pertama.

Sementara itu, pemantauan dan patroli dilaksanakan secara ketat oleh aparat kepolisian Polres Blora dan TNI Kodim 0721/Blora serta Koramil Blora untuk menjaga kondusifitas dan keamanan di sejumlah Klenteng yang ada di Blora.

Gayung bersambut, pertunjukan seni Liang Liong dan Barongsai serta penampilan Ogoh-Ogoh bak magnet yang memikat pengunjung untuk menyaksikan di halaman kelenteng Hok Tik Bio Blora pada perayaan tahun baru Imlek 2023.

Seni tradisional itu ditampilkan oleh dua kelompok, yakni kelompok remaja dan kelompok dewasa baik pria dan perempuan binaan dari kelenteng setempat.

“Kesenian ini cukup menarik, banyak warga yang menyaksikan dan mengapresiasi,” kata Taufiqurrohman, salah seorang peminat seni budaya.

Pertunjukan dimulai sekitar pukul 18.15 WIB setelah beberapa warga Tionghoa keturunan melaksanakan doa dan persembahyangan di kelenteng Hok Tik Bio.

Sesekali anak-anak dan orang dewasa memberikan angpao kepada para pemain barongsai. Beberapa penonton juga merekam gambar dengan kamera gawai dan kamera digital lainnya untuk dokumentasi pribadi atau diunggah ke media sosial.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
SINPO TV
DPR RI Terima Kunjungan Duta Besar Uzbekistan

54 menit yang lalu

POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER