Jokowi Resmikan Jalan Inpres di Blora Jateng, Telan Anggaran Rp257 Miliar

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 23 Januari 2024 | 17:21 WIB
Presiden Joko Widodo saat resmikan Pasar Inpres Blora (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Joko Widodo saat resmikan Pasar Inpres Blora (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Inpres ruas Purwodadi-Wirosari-Blora di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pembangunan jalan tersebut menelan anggaran sebesar Rp 257 miliar.

"Tahun 2023 telah kita anggarkan Rp 14,6 triliun untuk inpres jalan daerah, dibagi di beberapa provinsi. Provinsi Jawa Tengah mendapatkan Rp 1,36 triliun. Dan khusus Kabupaten Blora mendapatkan anggaran Rp257 miliar, besar sekali," kata Jokowi dalam keterangannya, dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 23 Januari 2024.

Ada tiga ruas jalan yang digarap dengan plaksanaan inpres jalan daerah Kabupaten Blora, pertama ruas jalan Wulung-Klatak Kecamatan Randublatung dengan nilai anggaran Rp47 miliar dengan panjang 10,8 km.

Kemudian ruas jalan Purwodadi-Wirosasi-Blora senilai Rp156,8 miliar sepanjang 12,1 km. Sedangkan ruas jalan Randublatung-Getas dengan anggaran Rp 53,8 miliar sepanjang 9,4 km. Sehingga total sebesar Rp 257,6 miliar dengan panjang 32,3 kilometer.

"Oleh sebab itu jalan antara Purwodadi sampai ke Blora tadi saya sudah lihat dan rasakan sendiri jalannya sangat mulus. Yang sudah bertahun-tahun biasanya jalan Solo-Purwodadi jalannya selalu bergelompang karena tanah yang dinamis," paparnya.

Mantan Walikota Solo itu pun menegaskan jalan tersebut tidak diaspal melainkan dibeton. Menurutnya, jalan dibeton dengan tujuan agar lebih awet.

"Dan pembangunan tidak diaspal tapi dibeton, meskipun harganya lebih mahal tapi kita pilih beton karena lebih awet dan panjang umurnya," tandasnya.sinpo

Komentar: