Siswi Jatuh dari Lantai 4 Gedung Sekolah, FSGI Minta Sekolah Terbuka

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 31 Januari 2023 | 17:12 WIB
Ilustrasi korban tewas/ Pixabay
Ilustrasi korban tewas/ Pixabay

SinPo.id - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), mendorong pihak sekolah untuk terbuka menyampaikan kronologi jatuhnya seorang siswi SMK Pandawa Budi Luhur, dari lantai empat gedung sekolah saat sedang bercanda.

“Hal ini penting disampaikan agar ada pembelajaran dari kasus ini sehingga tidak ada korban jiwa lagi. Semua anak harus terlindungi dimanapun dia berada, termasuk di lingkungan sekolah,” kata Dewan Pakar FSGI, Retno Listyarti, Selasa 31 Januari 2023.

"Meskipun sudah ada kesepakatan antara orangtua dan sekolah untuk tidak melanjutkan ke proses hukum, namun para pemangku kepentingan di bidang pendidikan wajib memastikan bahwa peristiwa yang sama tidak akan terulang kelak dikemudian hari dan memakan korban lagi," imbuhnya.

Ia juga mengapresiasi pihak sekolah yang sudah bertanggungjawab dengan membiayai semua proses pemakaman korban, namun pihak sekolah harus tetap dimintai pertanggungjawaban keamanan lingkungan sekolah untuk kedepannya.

Selain itu, FSGI mendorong Badan Akredetasi Nasional (BAN) Provinsi DKI Jakarta untuk mengevaluasi kembali akreditasi sekolah yang yang mendapatkan nilai A tersebut. Padahal jika membaca penjelasan di website SMK Swasta Pandawa Budi Luhur, sarana yang disediakan sekolah hanya dicantumkan listrik dan internet.

“Jadi saat membuka website untuk melihat foto gedung sekolah, pagar sekolah dan sarana prasarana penunjang pembelajaran lainnya agak sulit, hanya foto beberapa kegiatan dan pintu gerbang sekolah," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Retno, FSGI mendorong adanya evalausi atas kasus tersebut dari Dinas Pendidikan maupun Kemendikbudristek agar menjadi pembelajaran sehingga ada perbaikan yang signifikan dan sungguh-sungguh.sinpo

Komentar: