Pecahan Meteroid Meledak di Atas Langit Texas Hujani McAllen

Laporan: Galuh Ratnatika
Sabtu, 18 Februari 2023 | 07:28 WIB
Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

SinPo.id -  National Aeronautics and Space Administration (NASA), mengatakan sebuah meteoroid seberat 1.000lbs kemungkinan telah meledak di atas langit Texas. Ini mengakibatkan pecahan-pecahan asteroid menyebar di atas tanah.

Meteorid itu memiliki diameter 2 kaki dan kehancurannya dirasakan di dekat McAllen, Texas, di wilayah selatan negara bagian tersebut, karena penduduk sekitar melaporkan adanya suara ledakan yang keras.

"Para ahli NASA percaya objek itu adalah meteoroid berdiameter sekitar dua kaki dengan berat sekitar 1.000 pon," kata NASA dalam sebuah pernyataan, dilansir dari The Guardian, Sabtu 18 Februari 2023.

Layanan Cuaca Nasional Brownsville, Texas men-tweet bahwa sistem satelitnya, yang biasa digunakan untuk melacak sambaran petir, juga mendeteksi ledakan meteoroid tersebut.

Namun, kecil kemungkinan meteoroid itu jatuh menghantam tanah secara langsung, karena tidak ditemukan adanya lokasi tumbukan. Sejumlah warga bahkan mengira ledakan tersebut merupakan gempa bumi.

Pasalnya, kepala polisi misi, Cesar Torres mengatakan kepada NBC Dallas-Fort Worth bahwa layanan darurat 911 di daerah tersebut menerima banyak telepon dari penduduk tentang ledakan keras yang mengguncang rumah mereka.

Bahkan Sheriff Kabupaten Hidalgo, Eddie Guerra, juga mengatakan bahwa penduduk di Kabupaten Hidalgo melaporkan telah mendengar ledakan yang terdengar seperti guntur dan mengaku melihat meteoroid tersebut.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hari Bumi terkena lebih dari 100 ton debu dan partikel yang berasal dari luar angkasa. Namun ledakan meteroid yang baru saja terjadi di atas langit Texas bukanlah situasi normal.sinpo

Komentar: