Bencana Alam

Korban Longsor Kabupaten Karanganyar Berhasil dievakuasi

Laporan: Sinpo
Sabtu, 18 Februari 2023 | 19:00 WIB
Evakuasi korban longsor di Desa Segorogunung Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (SinPo.id/SAR Semarang)
Evakuasi korban longsor di Desa Segorogunung Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (SinPo.id/SAR Semarang)

SinPo.id -  Seorang warga korban longsor di Desa Segorogunung Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah berhasil dievakuasi oleh tim penolong. Warga bernama Suwarni  berusia 55 tahun asal desa Nglerak itu tertimbun tanah longsor di Desa Segorogunung Kecamatan Ngargoyoso sejak Kamis 16 Februari 2023.

"Setelah upaya pencarian selama tiga  hari korban berhasil ditemukan tim SAR gabungan di sekitar tempat kejadian dalam keadaan meninggal dunia selanjutnya korban dibawa ke rumah duka,” kata Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto, dalam pernyataan resmi, Sabtu, 18 Februari 2023.

Menurut Suhartanto, usai korban ditemukan, maka operasi SAR yang sebelumnya mencari korban dinyatakan selesai.”Terima kasih atas pelaksanaan operasinya selanjutnya tim yang terlibat kembali kesatunnya masing- masing," ujar Suhartanto menambahkan.

Longsor terjadi di Kawasan tersebut pada Kamis 16 Februari  2023 sekitar pukul 07.15 WIB. Korban Suwarni diantar oleh anaknya dengan sepeda motor menuju ke ladang. Kerena jalan tertutup material longsoran Suwarni turun di titik longsor sedangkan anaknya kembali pulang

“Ada orang di sekitar tempat kejadian dan sudah memperingatkan untuk kembali jangan melintas di bawah longsoran namun tak dihiraukan,” ujar Suhartanto menjelaskan.

Diduga korban tetap berusaha melewati longsoran dengan jalan kaki sampai di pertengahan jalan, namun terjadi longsoran susulan terperangkap materil longsoran.

Longsoran dari tebing kurang lebih setinggi 400 meter mengakibatkan berdampak tinggi longsoran 300 meter dan lebar longsoran 40 meter.sinpo

Komentar: