MPR Dorong Kesigapan Pemerintah dalam Mengantisipasi Penyakit Ditingkatkan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 24 Februari 2023 | 12:52 WIB
Lestari Mordijat/MPR
Lestari Mordijat/MPR

SinPo.id -  Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) mengingatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan terkait agar meningkatkan kesigapan dalam mencegah penularan penyakit.

"Kewaspadaan dan kesigapan pemerintah daerah sangat diperlukan dalam mengantisipasi potensi penularan penyakit yang menyebabkan kematian," kata Rerie  melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, 23 Februari 2023.

Menurut Rerie, kewaspadaan terhadap potensi penularan sejumlah penyakit harus ditingkatkan lewat deteksi dini, akselerasi cakupan vaksinasi dasar terhadap anak, balita, dan pola hidup sehat.

Tercatat, per Selasa, 21 Februari 2023, tujuh warga Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, meninggal. Mereka tewas diduga karena terpapar virus difteri dalam rentang 6-19 Februari 2023.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membenarkan jika Kabupaten Garut menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) difteri. Status KLB itu ditetapkan setelah kematian warga itu diduga akibat terpapar difteri.

Rerie mengatakan kasus kematian warga Garut yang diduga terpapar virus difteri harus diikuti dengan upaya deteksi dini di sejumlah daerah. Salah satunya dengan pemberian vaksinasi dasar yang sempat terkendala akibat pandemi covid-19.

Rerie juga berharap kolaborasi yang kuat antarpemangku kepentingan di pusat dan daerah segera dibangun. Ini dilakukan agar mampu menekan jumlah korban penularan sejumlah penyakit.

Dia berpendapat perhatian terhadap peningkatan kemampuan fasilitas-fasilitas kesehatan di daerah dibutuhkan untuk memastikan sejumlah langkah pencegahan penularan penyakit dapat direalisasikan sesuai rencana.

Rerie mendorong agar kementerian dan lembaga di tingkat pusat dan daerah bersama-sama mewujudkan langkah-langkah pencegahan terpadu yang bertujuan menekan potensi penularan sejumlah penyakit di Tanah Air.sinpo

Komentar: