Seorang Garda Nasional AS Ditangkap, Diduga Terlibat Kebocoran Dokumen Militer

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 14 April 2023 | 08:34 WIB
Proses penangkapan Jack Texeira/SinPo.id/Sky News
Proses penangkapan Jack Texeira/SinPo.id/Sky News

SinPo.id -  Seorang Garda Nasional Amerika Serikat (AS) bernama Jack Teixeira (21) ditangkap oleh FBI karena diduga terlibat di balik serangkaian kebocoran dokumen militer AS. Ia diduga membagikan dokumen rahasia tersebut dalam sebuah grup online yang berisi 25 anggota aktif.

Teixeira merupakan spesialis IT dan anggota sayap intelijen Pengawal Nasional Udara Massachusetts ditangkap di sebuah properti di Dighton Utara dan ditahan oleh FBI. Jaksa Agung AS Merrick Garland mengkonfirmasi penangkapan Teixeira dan mengatakan akan membawanya ke pengadilan Massachusetts untuk pemeriksaan awal.

"Dia akan didakwa di bawah Undang-Undang Spionase, yang menjadikan menghapus atau mengirimkan informasi rahasia pertahanan nasional sebagai kejahatan," kafa Garland, dilansir dari Sky News, Jumat 14 April 2023.

Namun, teman-temannya yang merupakan anggota dalam grup bernama "Thug Shaker Central", mengklaim bahwa Teixeira tidak tertarik membantu agen asing mana pun. Dia hanya pria muda yang berusaha membuat teman-temannya terkesan dengan apa yang ia bagikan.

Seperti diketahui, Teixeira diyakini telah memposting tentang senjata, permainan, dan meme favoritnya selama bertahun-tahun. Awalnya ia hanya mengetik versi dokumen yang sangat rahasia dan mempostingnya untuk dibaca oleh sekitar 25 anggota aktif dari berbagai negara, tetapi kemudian beralih ke memposting banyak foto dokumen itu sendiri.

Selain berbagi dokumen rahasia Pentagon, Teixeira juga kerap meramalkan peristiwa besar sebelum menjadi berita utama. Meski demikian, keakuratan dari dokumen rahasia yang bocor tersebut masih dipertanyakan.sinpo

Komentar: