arus mudik lebaran 2023

Bila Terjadi Penumpukan Kendaraan, Rest Area KM 57 Tol Cikampek 'Buka-Tutup'

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 17 April 2023 | 22:16 WIB
Rest Area KM 57 Tol Cikampek. (Khaerul Anam/SinPo.id)
Rest Area KM 57 Tol Cikampek. (Khaerul Anam/SinPo.id)

SinPo.id - Petugas akan memberlakukan sistem buka tutup di rest area KM 57 ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) jika terjadi penumpukan kendaraan yang akan memasuki rest area.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan buka tutup rest area dilakukan saat kondisi rest area sudah tidak bisa menampung kendaraan dan terjadi penumpukan hingga ke bahu jalan tol.

"Apabila ternyata antriannya sudah mengganggu arus lalu lintas di dalam rest area akan ada diskresi untuk kami buka tutup," kata Wirdhanto kepada wartawan di rest area KM 57, Karawang, Jawa Barat pada Senin 17 April 2023.

Wirdhanto mengungkapkan, pihaknya memprediksi lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan rest area KM 57 akan terjadi pada hari ini hingga Rabu depan, 17 hingga 19 April 2023.

Terutama pada waktu menjelang berbuka puasa dan malam hari pada waktu menjelang sahur. Biasanya rest area akan dipenuhi oleh pemudik.

"Itu adalah jam-jam rawan yang kami perlu antisipasi supaya rest area ini tidak terjadi kepadatan yang akhirnya menyebabkan permasalahan lalu lintas," ujarnya.

Untuk mengantisipasi itu, kata Wirdhanto, pengelola rest area akan menambah jumlah personil baik dari karyawan manajemen dan juga penambahan personil dari unsur pengamanan.

"Untuk itu, kami menghimbau masyarakat untuk bisa menggunakan rest area itu seperlunya supaya tidak terjadi penumpukan dan kepadatan di wilayah rest area," tandasnya.sinpo

Komentar: