MUDIK LEBARAN 2024

Korlantas: Sepeda Motor Paling Banyak Terlibat Kecelakaan Saat Arus Mudik

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 12 April 2024 | 20:56 WIB
Ilustrasi pengendara motor (SinPo.id/ Ashar)
Ilustrasi pengendara motor (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Korlantas Polri mencatat sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan selama masa arus mudik Lebaran 2024. 

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut, pihaknya mencatat ada sebanyak 1.835 kecelakaan yang terjadi selama arus mudik Lebaran 2024.

"Sepeda motor itu 73 persen. Disusul oleh kendaraan angkut orang atau bus 12 persen," kata Aan dalam keterangannya, Jumat, 12 April 2024.

Aan mengatakan, kendaraan lain yang juga banyak mengalami kecelakaan selama arus mudik ialah mobil angkutan barang. Kemudian, disusul oleh angkutan barang 10 persen dan mobil pribadi dua persen. 

"Adapun berdasarkan sebaran wilayahnya, kecelakaan paling banyak terjadi di Polda Jawa Timur (Jatim), Polda Jawa Tengah (Jateng), Polda Metro Jaya, Polda Sulawesi Selatan dan Polda Bali. Itu lima terbesarnya," ungkap dia. 

Lebih lanjut, Aan juga menyampaikan mayoritas kecelakaan di ruas jalan tol maupun jalan arteri selama arus mudik Lebaran 2024, disebabkan karena pengemudi mengalami kelelahan. 

"Kita lihat tadi datanya, ini masih banyak dipengaruhi oleh tingkat kelelahan (penyebab kecelakaan). Kelelahan pada saat mengendara," ujar Aan.sinpo

Komentar: