ARUS BALIK LEBARAN 2024

Korlantas Polri Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Tanggal 14-15 April

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 12 April 2024 | 18:51 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 bakal terjadi pada tanggal 14-15 April 2024 mendatang. Masyarakat pun diimbau untuk mengatur waktu perjalanan balik dari mudik. 

"Mulai hari Minggu dan Senin (prediksi puncak arus mudik terjadi). Makanya kemarin Pak Menhub juga mengimbau untuk balik lebih awal. Mulai hari ini, besok, jangan tunggu puncak," kata Kakorlanras Polri kepada wartawan, Jumat 12 April 2024.

Aan pun berharap masyarakat melakukan perjalanan balik dari mudik lebih awal. Alasannya, agar tak terjadi kepadatan saat melakukan perjalanan ke Jakarta.

"Jangan tunggu puncak, atau kami juga mengimbau menunda balik setelah tanggal 17, 18, 19, tol juga memberi potongan harga di tanggal 17,18,19," ungkap dia. 

Lebih lanjut, Aan juga mengimbau kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan swasta yang melakukan work from home (WFH) menunda waktu balik dari mudik. 

"Silakan para mungkin Kementerian, lembaga, swasta, yang mungkin bisa bekerja melalui rumah, work from home itu bisa dilaksanakan," ujar Aan. 

Dia pun juga berpesan agar para pengemudi memastikan diri dalam kondisi sehat dan stamina kuat. Aan mewanti-wanti pengemudi tidak memaksakan berkendara jika sudah lelah.

"Kami tetap mengimbau pada saat arus balik ini pastikan kesehatan, stamina dalam keadaan prima. Jangan sekali-sekali memaksa untuk terus berjalan, berkendaraan, mengemudi pada saat konsentrasi sudah berkurang, sudah kelelahan, harus istirahat. Stop (berkendara)," ungkap dia. sinpo

Komentar: