mudik lebaran 2023

Mudik Lebaran 2023 Aman dan Lancar, DPR Apresiasi Polri

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Mei 2023 | 13:58 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Syamsurizal. (SinPo.id/Istimewa)
Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Syamsurizal. (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal, mengapresiasi kinerja jajaran Polri yang telah mengamankan dan merekayasa arus lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2023, sehingga berlangsung aman dan lancar. 

“Tahun ini tercatat ada sekitar 123 juta warga yang melakukan mudik ke kampung halaman. Alhamdulillah arus mudik dan balik relatif lancar. Apresiasi tinggi kami sampaikan kepada Kapolri Jenderal Sigit dan jajaran,” kata Cucun, Selasa 2 Mei 2023. 

Menurutnya, jajaran Polri telah berhasil melakukan berbagai rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kemacetan parah di berbagai ruas jalan tol maupun jalur arteri, dengan beberapa strategi yang relatif membantu. Seperti adanya one way, contra flow, hingga kebijakan ganjil genap. 

Selain itu, kata Cucun, kelancaran arus mudik maupun balik, sangat berbeda dibandingkan dengan cerita di masa lalu, dimana pemudik bisa terjebak macet hingga lebih dari 24 jam. Terlebih angka kecelakaan lalu lintas selama mudik lebaran 2023 tercatat menurun 19 persen dari tahun 2022. 

"Tahun ini mencapai 1.457 kasus, angka ini menurun jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 1.789 kasus laka selama arus mudik dan balik,” paparnya. 

Di samping itu, Cucun mengatakan bahwa menurunnya kasus laka lalu lintas tersebut, juga berimbas pada penurunan jumlah korban jiwa maupun korban luka. Pasalnya tahun ini korban jiwa mencapai 189 orang, turun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 310 orang.sinpo

Komentar: