KTT ASEAN

Korlantas Polri Siapkan Posko K3i di KTT ASEAN Labuan Bajo

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 06 Mei 2023 | 09:58 WIB
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan saat patroli (SinPo.id/ Humas Polri)
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan saat patroli (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id -  Event KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo, Dalam pengamanan KTT Asean yang digelar di Labuan Bajo, Satgas Walrolakir Korlantas Polri mendirikan Posko K3i sebagai pusat komunikasi, koordinasi, kendali dan informasi terkait pelaksanaan tugasnya.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menyebut hal ini demi memberikan keamanan dan kelancaran rute para delegasi KTT ASEAN Summit. 

Satgas Walrolakir, kata dia, sudah menerapkan beberapa langkah seperti pengawalan dan pembersihan rute, serta rekayasa lalu lintas.

Dia mengatakan bahwa sebelumnya para personel lalu lintas sudah diberi pelatihan terkait tugas Walrolakir, yakni bagaimana informasi pengawalan dan bagaimana mengendarai kendaraan saat mengawal delegasi.

"Kita sudah gladi rangkaian, kemudian juga personel sudah kita latih, nantinya kesiapan-kesiapan kita ini baik personel maupun kendaraannya ini bisa maksimal untuk melakukan tugas pengawalan ini," ujar Aan, Jumat 5 Mei 2023.

Selain pengawalan, Aan juga menerangkan bahwa nantinya sebelum delegasi melintas akan dilakukan rekayasa lalu lintas buka tutup, tidak permanen tapi hanya saat delegasi melintas.

"Kita akan melakukan buka tutup, terutama di jalan menuju ke venue. Buka tutup ini tidak 24 jam atau permanen kita akan gunakan J-2 saja. Artinya ketika delegasi datang jam 9, maka J-2 adalah jam 7 kita sudah clearing, sudah tutup sehingga tidak ada hambatan di situ," jelas Aan.

Aan menerangkan bila delegasi sudah melintas akan diberikan waktu satu jam sebelum lalu lintas kembali dibuka normal.

"J+1 atau satu jam setelah, kita akan buka kembali arus lalu lintas," ucap Aan.

Aan mengungkapkan, bahwa satgas Walrolakir terdiri dari tiga sub, yakni Sub Satgas Pengawalan, Sub Satgas Rute, dan Sub Satgas Parkir dengan menerjunkan 743 personel.

Lebih lanjut, Aan berharap pelaksanaan KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar. Serta mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengikuti apa yang sudah diatur oleh para petugas, karena ini juga untuk kemajuan Masyarakat Labuan Bajo yang dipromosikan melalui event ini.

"Tetap ikuti apa yang sudah kita rencanakan yaitu rekayasa lalu lintas, kemudian tidak parkir di pinggir dan bahu jalan, sehingga kegiatan KTT ASEAN ini bisa berjalan lancar," pungkas Aan.sinpo

Komentar: