Sebanyak Tiga Jenazah Korban Jatuh Pesawat TNI AU Ditemukan, Satu Masih Dalam Pencarian

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 16 November 2023 | 19:12 WIB
Pesawat TNI AU jatuh di Pasuruan. (SinPo.id/Tangkapan layar)
Pesawat TNI AU jatuh di Pasuruan. (SinPo.id/Tangkapan layar)

SinPo.id - Tim evakuasi berhasil menemukan tiga jenazah awak pesawat jenis Super Tucano milik TNI Angkatan Udara (AU) yang jatuh di wilayah Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma R Agung Sasongkojati mengungkapkan bahwa ketiga jenazah tersebut sudah berhasil diidentifikasi dan dievakuasi oleh petugas.

Mereka yakni Mayor Pnb Yuda A. Seta dan Kolonel Pnb Subhan yang terbang menggunakan pesawat dengan nomor ekor TT-3103, serta Kolonel Adm Widiono yang terbang dengan pesawat bernomor ekor TT-3111.

"Namun, untuk Letkol Pnb Sandhra Gunawan saat ini belum ditemukan, jadi sedang dalam pencarian," kata Agung dalam keterangan persnya, Kamis, 16 November 2023.

Agung mengatakan, jenazah yang berhasil dievakuasi akan dibawa ke Lanud Abdurrahman Saleh, Malang, Jawa Timur.

"Yang lain masih dalam pencarian dan akan diangkut kesini, karena agak sulit jalannya (medan pencarian)," paparnya.

Lebih lanjut, Agus memastikan, TNI AU akan mengerahkan berbagai macam alat yang diperlukan tim evakuasi dalam proses pencarian korban yang belum ketemu.

" AU akan kerahkan seluruh alutsista yang dibutuhkan untuk alat tim dalam proses pencarian, baik berupa helicopter dan berupa sarana prasarana lain," tandasnya.

Sebelumnya, dua pesawat TNI AU berjenis EMB 314 Super Tucano mengalami kecelakaan di Pasuruan, Jawa Timur.

Kedua pesawat itu ditumpangi empat perwira menengah TNI AU. Pesawat ini sedang menjalankan latihan profisiensi formasi yang rutin dilakukan.sinpo

Komentar: