Kisah Kuswanto, Guru Penggerak dari Sigi Dapat Sepeda dari Presiden Jokowi

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 26 November 2023 | 07:22 WIB
Kuswanto dan Presiden Jokowi di acara puncak peringatan HGN 2023 yang digelar di Indonesia Arena, Jakarta pada Sabtu, 25 November 2023. (SinPo.id/BPMI Setpres)
Kuswanto dan Presiden Jokowi di acara puncak peringatan HGN 2023 yang digelar di Indonesia Arena, Jakarta pada Sabtu, 25 November 2023. (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya saat menghadiri acara puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 yang digelar di Indonesia Arena, Jakarta pada Sabtu, 25 November 2023. Di tengah sambutannya, Presiden Jokowi meminta seorang Guru Penggerak untuk maju menghampirinya di atas panggung hingga memberikan guru tersebut hadiah berupa sepeda.

Awalnya, guru bernama Kuswanto itu berdiri di samping podium Jokowi. Kuswanto adalah seorang Guru Penggerak dari Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Pak Kus, ini Guru Penggerak apa bedanya dengan guru bukan penggerak?” tanya Jokowi.

“Ya baik, bedanya Guru Penggerak dengan guru yang bukan penggerak, maksudnya begini Pak Presiden, kalau Guru Penggerak itu kita betul-betul dilatih untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Kemudian juga pembelajaran yang berpihak kepada murid,” ungkap Pak Kuswanto diiringi tepuk tangan yang hadir.

Kuswanto sehari-hari mengajar di daerah yang termasuk dalam 3T (daerah tertinggal, terdepan, dan terluar). Di tempatnya mengajar yang berada di ketinggian 1.539 meter di atas permukaan laut (mdpl), sinyal telepon seluler kadang menjadi tantangan. Ia pun menyampaikannya kepada Jokowi.

“Alhamdulillah saya waktu itu Guru Penggerak angkatan 7, CGP angkatan 7 lulus. Kemudian saya kalau ikut rukol (ruang kolaborasi)—karena ada tugas dengan fasilitator maupun instruktur—saya naik di atas pohon untuk mencari jaringan sehingga saya dikenal sebagai manusia pohon,” tuturnya.

Kuswanto telah mengabdi sebagai pahlawan tanpa tanda jasa selama kurang lebih 30 tahun. Ia pertama kali diangkat menjadi guru pada tahun 1993. Mendengar hal tersebut, Presiden Jokowi pun berujar, “Pak Menteri, kepala sekolah,” ujar Presiden disambut riuh para guru yang hadir di Indonesia Arena.

Tak hanya itu, sebagai apresiasi terhadap dedikasi Kuswanto, Jokowi juga memberikan hadiah sepeda.

“Pak Kuswanto nanti kalau bawa sepedanya sulit biar dikirim dari Istana langsung ke rumah,” ucap Presiden.

Selepas dialog tersebut, Jokowi mengaku senang karena saat ini Indonesia telah memiliki 50 ribu Guru Penggerak yang 9 ribu di antaranya telah menjadi kepala sekolah. Kepala Negara pun berharap jumlah tersebut akan terus meningkat ke depannya.

“Tadi disampaikan, tahun depan sudah mencapai kurang lebih 100 ribu, betul Mas Menteri? Sehingga kita memiliki para pemimpin-pemimpin sekolah yang terampil berinovasi, bertransformasi,” tutupnya.sinpo

Komentar: