Ganjar Janjikan Aplikasi Super untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Laporan: Martahan Sohuturon
Selasa, 12 Desember 2023 | 21:36 WIB
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (SinPo.id/Reuters)
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menjawab pertanyaan panelis mengenai cara meningkatkan pelayanan publik. Ganjar menjanjikan aplikasi super dari pemerintah untuk publik, jika dia terpilih menjadi presiden.

"Pengalaman kami membuat LaporGub! sebagai suatu ruang komplain publik yang pemerintahan nggak boleh baperan (membawa perasaan/emosional) menerima masukan dan kritikan, inilah yang akan kita angkat menjadi government super apps," kata Ganjar di panggung Debat Pilpres 2024 di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 Desember 2023.

Ganjar menilai pelayanan publik harus menjangkau semua kelompok termasuk kelompok rentan. Aplikasi LaporGub! yang dia sebut adalah aplikasi di Provinsi Jawa Tengah. Dia pernah menjadi Gubernur Jawa Tengah sebelum maju ke Pilpres 2024 ini.

Menurut Ganjar, kontrol publik terhadap pelayanan yang dilakukan pemerintah perlu dijamin. Maka aplikasi berbasis teknologi komunikasi itu perlu dibikin.

"Ketika itu tidak berjalan, pemerintahan tertinggilah yang kemudian harus mengambil itu (masalah yang dikomplain publik), sehingga pelayanan bisa jauh lebih baik sehingga kelompok-kelompok ini (kelompok rentan) harus mendapatkan afirmasi," ujar Ganjar.

Masih ada waktu 45 detik tersisa bagi Ganjar untuk memaparkan penjelasannya. Namun Ganjar menjawab, "Cukup."

Debat pertama Pilpres 2024, Selasa malam, merupakan debat antarcapres yang mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.sinpo

Komentar: