Tiga Skema Pengaturan Jalan Disiapkan untuk Pengamanan Libur Nataru

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 18 Desember 2023 | 02:01 WIB
Ilustrasi lalu lintas (pixabay)
Ilustrasi lalu lintas (pixabay)

SinPo.id -  Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan Korlantas Polri menyiapkan tiga skema pengaturan jalan untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Di antaranya skema normal, skema padat dan skema sangat padat.

“Korlantas Polri dan jajaran beserta stekholder (menyiapkan) rekayasa lalu lintas," ujarnya pada Jumat 15 Desember 2023. 

Saat skema normal Polri akan melakukan kegiatan-kegiatan pengaturan, penjagaan di strongpoint-strongpoint, titik-titik trouble spot, maupun blankspot.

“Pada skema normal itu sendiri kita masih dalam melakukan kegiatan-kegiatan pada pola-pola pengaturan, penjagaan di strongpoint strongpoint, titik-titik trouble trouble spot maupun blankspot ini harus kita lakukan pengelolaan lebih awal," tuturnya.

Selanjutnya, pada skema kedua yaitu skema padat, yang akan diterapkan jika arus lalu lintas mulai meningkat. Pada skema ini, Korlantas Polri akan melakukan pengalihan arus, mulai dari pembatasan kendaraan sumbu 3 dan lain sebagainya.

"Untuk skema padat kita juga akan melakukan Bagaimana pengalihan arus mulai ada pembatasan kendaraan sumbu 3 dan lain sebagainya," terangnya.

Sementara itu, pada skema sangat padat, Kombes Pol Eddy menjelaskan bahwa akan dilakukan rekayasa buka-tutup, baik pada jalur tol maupun arah keluar dari arteri, termasuk implementasi sistem one way untuk mengatasi lonjakan volume kendaraan.

“Adapun skema sangat padat kita untuk melakukan rekayasa buka tutup baik buka tutup yang ada jalur tol maupun arah yang keluar arteri dan termasuk juga bagaimana kita melakukan nanti sampai dengan one way,” tukasnya.
 sinpo

Komentar: