Tentara IDF Dilaporkan dengan Sengaja Tembak Mati 11 Warga Palestina di Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 21 Desember 2023 | 07:53 WIB
Foto: AFP
Foto: AFP

SinPo.id -  Kantor hak asasi manusia PBB (OHCHR) mengatakan, pihaknya menerima informasi yang sangat meresahkan terkait dengan tentara IDF yang dengan sengaja membunuh sedikitnya 11 pria Palestina di depan anggota keluarga mereka di Gaza.

Insiden itu terjadi pada tanggal 19 Desember di lingkungan Al Remal di Kota Gaza, setelah munculnya laporan bahwa pasukan Israel dengan sengaja menargetkan dan membunuh warga sipil.

Menurut laporan dari para saksi, tentara Israel sengaja mengepung dan menggerebek sebuah bangunan tempat beberapa keluarga berlindung.

"Pasukan Israel diduga memisahkan laki-laki dari perempuan dan anak-anak, lalu menembak mati setidaknya 11 laki-laki, sebagian besar berusia akhir 20-an dan awal 30-an, di depan anggota keluarga mereka," OHCHR melalui keterangan resminya, dilansir Kamis 21 Desember 2023.

Kemudian IDF diduga memerintahkan perempuan dan anak-anak untuk masuk ke dalam sebuah ruangan, dan menembak mereka atau melemparkan granat ke dalam ruangan. Akibatnya, beberapa dari wanita dan anak-anak, termasuk seorang bayi, menderita luka yang serius.

OHCHR mengatakan pihaknya telah mengkonfirmasi pembunuhan di gedung-gedung tersebut, meskipun rincian mengenai pembunuhan tersebut masih dalam verifikasi.

Laporan terkait kekejaman pasukan Israel tersebut meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan dilakukannya kejahatan perang. Oleh sebab itu, PBB menyerukan pihak berwenang Israel untuk segera membuka penyelidikan independen.

 sinpo

Komentar: