Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Libur Nataru 1-2 Januari 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 26 Desember 2023 | 14:43 WIB
Menhub Budi Karya (kanan). (Sinpo.id/Div Humas Polri)
Menhub Budi Karya (kanan). (Sinpo.id/Div Humas Polri)

SinPo.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 bakal terjadi pada tanggal 1 Januari dan 2 Januari 2024.

"Puncak arus balik mudik besar kemungkinan terjadi setelah dan sebelum tahun baru. Kalau sebelum tahun baru tidak banyak, banyak yang sudah mudik, tapi di 1-2 terjadi puncak," ujar Budi dalam keterangannya dikutip Selasa, 26 Desember 2023.

Menurut Budi, pihaknya mengantisipasi lonjakan penumpang saat puncak arus balik dengan meminta kapada pengelola transportasi sektor udara, air, darat, dan perkretaapian menjual tiket lebih awal.

"Oleh karenanya di semua sektor apa udara, darat, laut dan KA konsentrasi pada titik itu. Bagaimana penjualan dilakukan lebih awal supaya yang akan dilayani relatif lebih baik," ungkap dia. 

Lebih jauh, Budi mengungkapkan, ada sejumlah titik krusial padat kendaraan, salah satunya terjadi di Cikupa menuju Tangerang. Menhub berharap operator berkoordinasi dengan Polri agar dapat suatu improvement untuk opsi contraflow.

"Kami berkoordinasi dengan kepolisian. Setelah kita melakukan pengamatan terhadap tempat-tempat yang kita integrasikan tempat tinggi kemacetan, di Merak, Ketapang, Cipali Soetta ternyata semua berjalan dengan baik," kata Budisinpo

Komentar: