Legislator PKS Dukung Usulan Hoegeng Jadi Pahlawan Nasional

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 29 Desember 2023 | 21:07 WIB
Mantan Kapolri yang dikenal sebagai polisi paling jujur, almarhum Jenderal Hoegeng Imam Santoso. (SinPo.id/Wikimedia Commons)
Mantan Kapolri yang dikenal sebagai polisi paling jujur, almarhum Jenderal Hoegeng Imam Santoso. (SinPo.id/Wikimedia Commons)

SinPo.id - Anggota Komisi III DPR RI M Nasir Djamil mendukung usulan agar mantan Kapolri  Jenderal (purn) Hoegeng Iman Santoso dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Hoegeng dinilai layak mendapatkan gelar Pahlawan Nasional karena keteguhan, kejujuran, dan kesederhanaan.

"Hoegeng telah menjadi legenda di institusi kepolisian dan integritasnya tidak diragukan. Karena itu, layak mendapat gelar sebagai Pahlawan Nasional," kata Nasir kepada wartawan pada Jumat, 29 Desember 2023.

Nasir menilai Hoegeng tak cuma legenda di institusi Polri. Menurutnya, Hoegeng juga jadi sumber inspirasi bagi masyarakat bahwa jabatan tak ada artinya saat dihadapkan pada integritas dan loyalitas.

"Almarhum Hoegeng telah menjadi inspirasi bagi rakyat Indonesia bahwa kedudukan dan jabatan tidak berarti saat dihadapkan pada integritas dan loyalitas kepada negara. Beliau telah membuktikan itu," ucap legislator asal Aceh itu.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah meresmikan Monumen Hoegeng di Pekalongan, Jawa Tengah. Selain itu, pihaknya tengah mengusulkan agar Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso menjadi Pahlawan Nasional.

Hoegeng Awards 2023 telah digelar tahun ini. Ajang ini dimaksudkan untuk menanamkan jiwa-jiwa keteladanan dari Jenderal Hoegeng sehingga bisa terinternalisasi kepada seluruh personel.

"Selain menggelar Hoegeng Awards, pada tanggal 11 November 2023 kami juga telah meresmikan Monumen Hoegeng di Kota Pekalongan untuk meningkatkan semangat personel agar mengikuti jejak Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso," kata Jenderal Sigit dalam rilis akhir tahun Polri di Mabes Polri.sinpo

Komentar: