Putin Janji Intensifkan Serangan ke Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Januari 2024 | 10:54 WIB
Ilustrasi. Presiden Rusia, Vladimir Putin, berjanji untuk mengintensifkan serangan terhadap Ukraina. (SinPo.id/Getty Images)
Ilustrasi. Presiden Rusia, Vladimir Putin, berjanji untuk mengintensifkan serangan terhadap Ukraina. (SinPo.id/Getty Images)

SinPo.id - Presiden Rusia, Vladimir Putin, berjanji untuk mengintensifkan serangan terhadap Ukraina, setelah kedua belah pihak melancarkan serangan udara selama berhari-hari dalam perang yang telah berlangsung lama. Ia mengatakan, militer Rusia akan terus menargetkan instalasi militer Ukraina. 

Rusia juga menyebut, serangan udara yang dilancarkan Ukraina di kota Belgorod pada hari Sabtu 30 Desember 2023 lalu, merupakan serangan yang disengaja terhadap warga sipil. Pasalnya, 25 orang dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.

"Perang ini menguntungkan Moskow," kata Putin kepada parjurit Rusia, dengan menambahkan bahwa dirinya ingin perang segera berakhir. Dilansir dari BBC, Selasa 2 Januari 2023.

Putin mengungkapkan bahwa sebelumnya pendukung Ukraina di Barat merupakan hambatan terbesar dalam mengakhiri konflik, namun retorika mereka mulai berubah ketika Barat mulai menyadari mereka tidak dapat menghancurkan Rusia. Dengan demikian, kata Putin, Rusia akan dapat memenangkan pertempuran.

Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, membantah klaim tersebut dalam sebuah wawancara dengan The Economist, dan menyebut pernyataan Putin untuk memenangkan perang hanyalah perkiraan. Karena menurutnya, pasukan Rusia belum mampu merebut satu wilayah pun selama perang berlangsung.sinpo

Komentar: