Pesawat Angkut Bantuan Gempa Tabrakan di Landasan Pacu Bandara Haneda

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 03 Januari 2024 | 05:05 WIB
Tabrakan Pesawat di Bandara Haneda The Washington Post
Tabrakan Pesawat di Bandara Haneda The Washington Post

SinPo.id -  Insiden tabrakan pesawat terjadi di landasan pacu Bandara Haneda, Tokyo, Jepang pada Selasa 2 Januari 2024. Pesawat Japan Airlines tabrakan dengan pesawat lain milik penjaga pantai.

Menurut televisi terkemuka Jepang NHK, insiden itu terjadi setelah Japan Airlines mendarat di landasan C Bandara Haneda. Japan Airlines yang mengalami insiden itu memiliki nomor penerbangan 516 yang lepas landas dari Bandara Chitose Baru di Hokkaido menuju Bandara Haneda di Tokyo.

Insiden itu mengakibatkan lima orang tewas setelah pesawat terbakar.

Seperti dilansir AFP, Menteri Transportasi Jepang, Tetsuo Saito mengatakan lima orang tewas merupakan awak pesawat milik penjaga pantai. Total ada 6 awak dalam pesawat tersebut. Satu lainnya yakni kapten pesawat berhasil lari saat kejadian.

Pada saat kejadian, pesawat itu 
tengah membawa penumpang yang hendak mengirim bantuan ke korban gempa M 7,5. Pejabat Japan Coast Guard menyebut ada enam penumpang yang ingin mengirim bantuan. Keenamnya hendak terbang ke Niigata untuk bantuan gempa.

Sementara, Pihak Japan Airlines mengatakan pesawat itu bertabrakan dengan pesawat milik Penjaga Pantai Jepang setelah mendarat. Seluruh 379 penumpang dan awak dievakuasi dengan selamat.

Dalam tayangan NHK menunjukkan pesawat Japan Airlines itu bergerak cepat di sepanjang landasan sebelum ledakan yang memicu kobaran api muncul pada bagian bawah pesawat.sinpo

Komentar: