Prabowo Bahas Pertukaran Kadet dan Indo-Pasifik saat Bertemu Menhan Jepang

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 04 April 2024 | 04:50 WIB
(AP Photo/Eugene Hoshiko)
(AP Photo/Eugene Hoshiko)

SinPo.id -  Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Menhan Jepang Minoru Kihara bertemu di Tokyo, Jepang, Rabu 3 April 2024. Pertemuan itu membahas pertukaran kadet dan isu menyangkut Indo-Pasifik.

“Dulu saya bertemu Menhan Jepang dan meminta pengiriman kadet dari Indonesia, dimulai dengan dua orang. Setelah itu, saya meminta lagi penambahan hingga sekarang menjadi empat orang. Saat ini saya ke Jepang, berharap ada penambahan jumlah kadet Indonesia lebih banyak lagi di masa mendatang," kata Prabowo ke Kihara dalam pertemuan itu.

Mereka juga bertukar pikiran mengenai isu-isu di kawasan termasuk terkait Indo-Pasifik. Menhan Kihara meyakini Indo-Pasifik harus tetap menjadi kawasan yang bebas dan terbuka. Prabowo optimistis kerja sama pertahanan dua negara dapat terus meningkat berkaca dari keberhasilan program-program yang telah berjalan sebelumnya.

Kunjungan ke Kantor Kementerian Pertahanan Jepang merupakan agenda kedua Prabowo di Tokyo. Prabowo dan rombongan sebelumnya menemui Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di kantornya, Tokyo, Rabu.

Di Kantor Kementerian Pertahanan Jepang, kedatangan Prabowo disambut oleh jajar pasukan, yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pertemuan Prabowo dan Kihara berlangsung selama 50 menit. Prabowo, dalam pertemuan itu, didampingi oleh Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo, dan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan RI Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari.sinpo

Komentar: