Terobosan Baru, PLN Jadikan Tiang Listrik Sebagai SPKLU

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 10 Januari 2024 | 22:39 WIB
Ilustrasi SPKLU (SinPo.id/ Dok. Wuling)
Ilustrasi SPKLU (SinPo.id/ Dok. Wuling)

SinPo.id - PT PLN (Persero) membuat terobosan baru dengan menjadikan tiang listrik sebagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mendukung akselerasi ekosistem kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di tanah air.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, inovasi ini merupakan bentuk keseriusan PLN untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengisi daya mobil listrik.

Pasalnya, saat ini kendaraan listrik tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat karena hemat dari segi biaya perawatan dan pengisian daya, serta kemampuan mengurangi emisi karbon secara signifikan.

”Kami sangat serius untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik karena terbukti lebih irit bagi masyarakat dan mampu mengurangi emisi karbon secara signifikan, sehingga target Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060 bisa dicapai atau bahkan lebih cepat,” kata Darmawan, Rabu, 10 Januari 2024.

Ia menjelaskan, PLN EYE atau SPKLU bertipe pole mounted charger merupakan inovasi yang menghadirkan EV Charger dengan memanfaatkan tiang listrik PLN. Inovasi tersebut juga diharapkan dapat menjangkau semua pengguna kendaraan listrik.

"Kami berharap masyarakat semakin yakin untuk beralih ke kendaraan listrik karena stasiun pengisiannya makin mudah dijumpai,” ungkapnya.

Diketahui, saat ini sudah ada tiga prototype SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi. EV Charger tersebut berada di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat, dan satu di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan.sinpo

Komentar: