Prajurit TNI AU Evakuasi Warga Penderita Penyakit Kulit Langka di Wamena

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 14 Januari 2024 | 16:33 WIB
Proses evakuasi warga di Wamena oleh TNI AU (SinPo.id/ Puspen TNI)
Proses evakuasi warga di Wamena oleh TNI AU (SinPo.id/ Puspen TNI)

SinPo.id - Prajurit TNI AU Lanud Manuhua Biak Numfor mengevakuasi seorang warga masyarakat di Distrik Wamena Papua Pegunungan ke Biak Numfor. Warga yang dalam kondisi kritis karena sakit dievakuasi menggunakan pesawat Hercules C-130 / A-1323 pada Jumat, 12 Januari 2024.

Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar mengatakan, warga bernama Wahyu (31) mengalami penyakit kulit langka, dengan kondisi sekujur tubuhnya melepuh. Ia dibawa ke RS Wamena sebelum dirujuk ke RSUD Biak Numfor, dan dirujuk kembali ke RSUD Saiful Anwar Malang, Jawa Timur.

"Prajurit TNI AU dari Lanud Manuhua dan tim medis pelabuhan sangat sigap mengevakuasi pasien menuju RSUD Biak Numfor dan dilanjut ke RSUD Saiful Anwar Malang guna mendapatkan penanganan lebih lanjut," ujar Nugraha dalam keterangannya, Minggu, 14 Januari 2024.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Manuhua Letkol Nav Marino Adam mengatakan, hal ini merupakan salah satu wujud Darma Bakti Angkatan Udara bagi warga masyarakat.

Sementara, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut, kondisi alam di wilayah Wamena Papua Pegunungan. Selain itu , Papua Pegunungan merupakan daerah sulit dan terpencil ditambah cuaca hujan dan tidak menentu.

"Seluruh personel TNI harus senantiasa peduli terhadap masyarakat sekitar, dan harus menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan masyarakat," kata Agus. sinpo

Komentar: