Jaga Kelestarian Lingkungan, Ma'ruf Ajak Masyarakat Tanam Pohon Serentak

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 14 Januari 2024 | 23:10 WIB
Wapres Ma'ruf Amin saat menanam pohon di Banten (SinPo.id/ Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin saat menanam pohon di Banten (SinPo.id/ Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk menanam pohon serentak di seluruh Indonesia. Hal tersebut dilakukan dalam rangka peluncuran program “Tanara Clean Up” di Aula Pesantren An-Nawawi Tanara, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Minggu, 14 November 2024.

Dalam kesempatan tersebut, dengan berpedoman pada sabda Rasulullah SAW, Wapres menekankan pentingnya menanam pohon demi menjaga kelestarian lingkungan.

“Andai kata besok hari kiamat, di tangan seseorang ada bibit pohon, sebaiknya ditanam. Artinya apa, artinya Nabi Muhammad SAW itu menyuruh kita menanam pohon, jangan membabat pohon,” ujar Ma'ruf dikutip dari laman wapresri.

Menurut Ma'ruf, Rasulullah memberi keutamaan menanam pohon, karena banyak manfaat yang diperoleh, salah satunya adalah buahnya. Sabda Rasulullah SAW, apabila menanam pohon, dan pohon tersebut berbuah, dan dimakan oleh seseorang ataupun hewan, itu sudah termasuk shodaqah.

“Jadi kita menanam pohon, kemudian berbuah sekalipun buahnya diambil orang atau dimakan burung, itu merupakan shodaqah. Jadi shodaqah itu banyak sekali pahalanya,” jelasnya.

Selain buahnya, Ma'ruf juga mengingatkan pohon juga sangat bermanfaat karena menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan. Menurutnya, kegiatan menanam pohon telah sering dilakukannya, sejak dari pesantren.

“Makanya saya di pesantren ini saya tanami pohon itu banyak, walaupun di Tanara ini tidak semua pohon tumbuh, tetapi anggur saya tanam, pisang saya tanam, mangga saya tanam, dan berbagai macam pohon juga saya coba,” paparnya.sinpo

Komentar: