PBB Tawarkan Solusi Dua Negara Untuk Israel dan Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 19 Januari 2024 | 09:09 WIB
Jubir PBB, Stephane Dujarric (Sinpo.id/United Nations)
Jubir PBB, Stephane Dujarric (Sinpo.id/United Nations)

SinPo.id -  Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Stephane Dujarric, mengatakan PBB akan terus berupaya dan mendukung solusi dua negara (two state solution) terhadap Israel dan Palestina.

“Dukungan Sekretaris Jenderal terhadap solusi dua negara tidak berubah,” kata Dujarric, mewakili pernyataan Guterres, dilansir dari Anadolu Agency, Jumat 19 Februari 2024.

“Dia (Guterres) percaya bahwa di tengah tragedi yang terjadi di Gaza, kita harus menggunakannya sebagai kesempatan untuk mengembalikan segala sesuatunya ke jalur yang benar. Sehingga aspirasi, harapan dan keprihatinan yang sah dari rakyat Israel dan rakyat Palestina dapat terpenuhi, dan pada akhirnya dua sisi hidup berdampingan,” sambungnya.

Pasalnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya menentang pembentukan negara Palestina sebagai bagian dari skenario pascaperang.

Ia bahkan berjanji untuk melanjutkan serangan militer sampai Israel meraih kemenangan telak melawan Hamas, dan menyingkirkan rakyat Palestina dari Gaza. Namun menurut para analis, ambisi tersebut merupakan hal yang mustahil, dan bagian dari kejahatan genosida.

Diketahui, hingga kini sekitar 25 ribu warga Palestina telah terbunuh akibat serangan Israel, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak. Sementara 62 warga sipil dilaporkan terluka.

Selain itu menurut PBB, serangan Israel juga telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah krisis kemanusiaan akibat kurangnya makanan, air bersih dan obat-obatan. Terlebih 60 persen infrastruktur di Gaza rusak atau hancur.sinpo

Komentar: