Menlu Walk Out di Pidato Israel, DPR: Sejalan dengan Sikap Rakyat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 25 Januari 2024 | 16:08 WIB
Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon (Sinpo.id/DPR)
Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id - Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Fadli Zon memuji langkah Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang walk out saat Duta Besar (Dubes) Israel untuk Amerika Serikat (AS) dan PBB, Gilad Erdan, berpidato di Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB di New York, AS.

Keputusan Retno dinilai sejalan dengan sikap rakyat Indonesia yang menolak adanya penjajahan di Palestina. Termasuk mengecam penggunaan genosida dalam perang tersebut.

"Sikap itu sejalan dengan sikap rakyat Indonesia yang mengecam genosida, kebiadaban, dan penjajahan Israel atas Palestina. Sikap itu juga sama dengan sikap parlemen Indonesia," kata Fadli dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 25 Januari 2024.

Fadli menilai sikap Retno patut diapresiasi semua pihak. Langkah ini dinilai tepat dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Saya apresiasi sekali langkah Menlu Retno," katanya.

Sebelumnya, Menlu Retno walk out saat Gilad Erdan berpidato di debat terbuka DK PBB di New York, AS. Sejumlah diplomat lainnya juga disebut melakukan walk out saat perwakilan Israel itu berpidato di DK PBB.

Open debate DK PBB ini merupakan yang ketiga dalam 3 bulan terakhir. Indonesia hadir dalam ketiga sidang PBB tersebut sebagai wujud konsistensi Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina.

Juuru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kwmenlu) Lalu Muhamad Iqbal membenarkan walk out yang dilakukan Menlu Retno saat perwakilan Israel berbicara di forum tersebut.

"Menlu Retno dan ketua delegasi sejumlah negara lainnya keluar dari ruangan saat watap Israel menyampaikan statement-nya," kata Lalu beberapa waktu lalu.sinpo

Komentar: