Sering Teriak hingga Memaksa Minta Rokok, Polisi Amankan ODGJ di Purbalingga

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 04 Februari 2024 | 11:56 WIB
Polisi amankan ODGJ yang sering resahkan warga (SinPo.id/ Humas Polri)
Polisi amankan ODGJ yang sering resahkan warga (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Polsek Padamara membantu warga mengamankan seorang pria yang dilaporkan membuat keresahan di Desa Bojanegara, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Sabtu, 3 Februari 2024 malam.

Pria yang diamankan tersebut diketahui merupakan orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ). Pria tersebut sering berteriak-teriak serta meminta rokok dengan memaksa kepada warga sehingga menimbulkan keresahan.

Kapolsek Padamara AKP Ihwan Ma’ruf mengatakan, awalnya pihaknya menerima informasi dari masyarakat bahwa ada pria dengan gangguan jiwa membuat resah warga. Kemudian polisi mendatangi lokasi.

“Kami bantu amankan pria tersebut dan selanjutnya membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,” kata Ihwan dikutip dari laman resmi Polri, Minggu, 4 Februari 2024.

Berdasarkan keterangan pihak keluarganya, sambung Ihwan, pria tersebut sudah lama memiliki gangguan kejiwaan. Saat rutin berobat kondisinya stabil namun saat lama tidak berobat atau banyak pikiran maka gangguan kejiwaan akan muncul.

“Menurut keluarganya akhir-akhir ini pria tersebut sulit apabila diajak berobat ke rumah sakit. Sehingga gangguan kejiwaan kambuh dan membuat resah warga,” katanya.

Lantaran menimbulkan keresahan, lanjut Ihwan, pihak keluarganya menghendaki pria tersebut untuk dirawat di rumah sakit. "Keluarga kemudian meminta bantuan polisi untuk mengevakuasi dan mengantar ke rumah sakit sampai mendapat perawatan," jelasnya.sinpo

Komentar: