Jelang Tahapan Inti Pemilu, Kabaharkam Polri Cek Kesiapan Jajaran Polda Jateng

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 06 Februari 2024 | 19:59 WIB
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran (SinPo.id/ Humas Polri)
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Menjelang tahapan inti Pemilu 2024,  Kabaharkam Polri, Komjen Muhammad Fadil Imran, melaksanakan supervisi kesiapan jajaran Polda Jawa Tengah (Jateng), khususnya fungsi Sabhara. 

Acara yang digelar dalam format apel kesiapan personel dan peralatan dalam rangka asistensi dan supervisi Dalmas Nusantara tersebut berlangsung di lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang. 

Ratusan personel Polda Jateng yang hadir menunjukkan kesiapannya melalui penggelaran kelengkapan serta peragaan pengamanan yang melibatkan berbagai perlengkapan canggih termasuk penggunaan helikopter.

Dalam amamanatnya  Fadil mengatakan bahwa fungsi Sabhara melaksanakan tugas-tugas preventif dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 yang meliputi pengawalan dan pengamanan logistik pemilu, sterilisasi kegiatan, pengaturan, penjagaan dan patroli  untuk mencegah berbagai gangguan Kamtibmas.

Menurut dia, fungsi ini merupakan ujung tombak fungsi preventif yang direpresentasikan dalam bentuk kehadiran personel yang selalu hadir di tengah masyarakat untuk melaksanakan patroli dan berbagai tugas lainnya.

Kehadiran Polri di tengah masyarakat, lanjutnya, akan berdampak pada tumbuhnya rasa nyaman dan kesejukan di tengah-tengah masyarakat.

"Berdasar data ditemukan fakta bawa ada korelasi antara peningkatan kehadiran polisi di masyarakat dalam bentuk patroli dan sebagainya dengan menurunnya gangguan Kamtibmas," ungkap Fadil dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 6 Februari 2024.

Fadil mengucapkan terima kasih atas kesiapan Polda Jateng dalam menggelar kesiapan personel, peralatan, logistik serta operasional dalam rangka mengamankan Pemilu.

"Secara umum kesiapan yang ada juga sudah siap untuk mengamankan pemilu, bahkan bila terjadi peningkatan eskalasi," tuturnya. 

Fadil menekankan, pihaknya mempunyai tanggung jawab untuk menghilangkan berbagai kekhawatiran masyarakat saat akan hadir di TPS untuk menyalurkan aspirasi. Secara optimis, dirinya yakin jajarannya siap untuk mengemban tanggung jawab tersebut.

"Jajaran Sabhara secara nasional juga sudah siap mengamankan tahapan inti Pemilu," imbuhnya.

Terkait kondisi Kamtibmas menjelang pencoblosan, dia mengatakan, penyebaran konten hoaks cenderung menurun secara kuantitas. Meskipun diakuinya pula ada beberapa kasus yang membutuhkan perhatian.

"Polri menggelar sejumlah operasi termasuk upaya cooling system dalam mengamankan Pemilu 2024. Semuanya berjalan dengan baik dan kita harapkan tahapan-tahapan pemilu yang tengah berlangsung semua juga dengan berjalan lancar, insha Allah," tandasnya.sinpo

Komentar: