IMM DKI Nilai Mantan KSAD Dudung Layak Gantikan Mahfud di Menko Polhukam

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 17 Februari 2024 | 06:15 WIB
Mantan KSAD Dudung Abdurachman (SinPo.id)
Mantan KSAD Dudung Abdurachman (SinPo.id)

SinPo.id - Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman dinilai sosok paling layak menjadi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) usai ditinggalkan Mahfud MD. 

Demikian disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) DKI Jakarta, Ari Aprian Harahap dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 17 Februari 2024.

"Jenderal Dudung layak untuk menggantikan Prof. Mahfud MD yang sudah mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam beberapa waktu lalu," ujar Ari. 

Ari mengatakan sosok Dudung yang berlatar belakang militer itu memiliki sikap tegas dan berani serta profesional yang menjadi nilai plus untuk mengisi jabatan Menko Polhukam.

"Kita membutuhkan Menko Polhukam yang memiliki nyali melebihi Prof Mahfud MD dan sikap itu saya yakini ada di Jenderal Dudung," terangnya.

Lebih lanjut, Dia menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu secepatnya menetapkan Menko Polhukam definitif atau permanen pengganti Mahfud MD.

"Menko Polhukam memiliki peranan yang sangat strategis sehingga saya rasa perlu untuk ditetapkan pejabat definitif," tandasnya. 

Diketahui, posisi Menko Polhukam sebelumnya dijabat Mahfud Md. Setelah Mahfud mundur, Jokowi menunjuk Mendagri Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam.

Sebelumnya, Jokowi bicara soal peluang posisi Menko Polhukam akan diisi pejabat definitif. Jokowi mengatakan pejabat definitif itu akan diisi dari nonpartai politik (parpol).

Namun Jokowi tidak menyebut pasti kapan pejabat definitif Menko Polhukam akan diumumkan. Yang terpenting saat ini organisasi pemerintah berjalan dengan baik.sinpo

Komentar: