Polisi Kerahkan 967 Personel Gabungan Amankan Aksi di KPU

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 23 Februari 2024 | 16:27 WIB
Aparat kepolisian berjaga di depan KPU (SinPo.id)
Aparat kepolisian berjaga di depan KPU (SinPo.id)

SinPo.id - Polisi mengerahkan sebanyak 967 personel gabungan untuk mengamankan aksi unjuk rasa dari sejumlah elemen di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat, 23 Febuari 2024, hari ini. 

"Kami melibatkan sejumlah 967 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI serta instansi terkait,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Jumat, 23 Febuari 2024.

Terkait lalu lintas, kata dia, pihaknya bakal melakukan penutupan di sekitaran Gedung KPU RI yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus).

Oleh Karenanya, Susatyo mengimbau agar masyarakat menghindari jalan di depan Gedung KPU RI dan mencari jalan alternatif lainnya.

Selain itu, Susatyo juga meminta kepada para peserta aksi unjuk rasa untuk memperhatikan hak-hak masyarakat lain.

"Kami mengimbau siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang, penyampaian pendapat hak setiap warga negara," tuturnya. 

Lebih lanjut, Susatyo pun mengingatkan kepada seluruh personel yang bertugas mengamankan unjuk rasa hari ini, agar bertindak persuasif dan sesuai prosedur. 

"Saya mengimbau agar petugas bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan serta humanis," ujar Susatyo.sinpo

Komentar: