Tim Gabungan Temukan Seorang Korban Meninggal Pascalongsor di Luwu

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 28 Februari 2024 | 06:02 WIB
Ilustrasi longsor (pixabay)
Ilustrasi longsor (pixabay)

SinPo.id -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan Tim Gabungan menemukan satu orang warga yang sebelumnya dilaporkan hilang. Korban ditemukan meninggal dunia di bawah timbunan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan pada Selasa 27 Februari siang waktu setempat. 

"Sehingga total korban meninggal dunia dari kejadian ini berjumlah lima orang," kata dia dalam keterangannya pada Rabu 28 Februari 2024. 

Sementara itu lima orang yang sebelumnya dilarikan ke Puskesmas Bastem Utara akibat terdampak longsor sudah kembali ke rumah masing – masing, lima orang lainnya masih dalam perawatan di Puskesmas tersebut. 

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu melaporkan, 14 unit motor dan 1 unit mobil yang tertimbun material longsor telah ditemukan. Diprediksi masih ada 1 unit dan beberapa motor lagi yang tertimbun. 

Menurut dia, tim Gabungan sejak kemarin telah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi dan pembersihan material longsor dengan menggunakan alat berat. 

"Faktor cuaca di lokasi longsor yang masih sering turun hujan menjadi kendala bagi Tim Gabungan untuk melakukan upaya penanganan darurat," ujarnya.

Mengingat masih adanya potensi hujan turun di lokasi terdampak, BNPB mengimbau masyarakat dan tim gabungan agar tetap berhati – hati dan waspada ketika melakukan penanganan darurat. Agar tidak bertambah korban jika terjadi longsor susulan pada lokasi tersebut.sinpo

Komentar: