Bapanas Jamin Stok Beras Aman Hingga Bulan Ramadan

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 28 Februari 2024 | 21:56 WIB
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo (SinPo.id/ Istimewa)
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo (SinPo.id/ Istimewa)

SinPo.id - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menjamin stok atau ketersediaan beras aman hingga bulan Ramadhan. Hal itu lantaran akan memasuki musim panen raya pada bulan Maret 2024.

"Pada Maret 2024 akan panen raya yang jumlahnya diperkirakan mencapai 3,5 juta ton beras," ujar Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo kepada wartawan, Rabu, 28 Februari 2024.

Dia juga menjelaskan akan ada tambahan hasil panen raya dari beberapa daerah yang dimulai pada minggu ini. "Minggu-minggu ini panen lokal sudah dimulai," ungkap dia. 

Lebih lanjut, Arief mengungkapkan, kenaikan harga beras dipicu dari harga gabah yang meroket dengan kisaran Rp8.000/kg. Oleh karenanya, jangan heran kalau harga berasnya Rp16.000/kg.

"Kalau mau harga berasnya Rp14.000/kg, maka harga gabahnya itu kurang lebih Rp7.000/kg," tutur Arief. 

Arief berujar, ketika panen raya berlangsung harga gabah akan turun dari yang sebelumnya Rp8.600/kg-Rp8.700/kg akan menjadi Rp8.000/kg dan akan turun lagi kemungkinan Rp6.500/kg.

Lebih lanjut, Arief menambahkan, oemerintah memiliki tugas menjaga harga di hilir untuk masyarakat, namun juga harus menjaga harga di tingkat produsen.

"Sehingga antara hulu dan hilirnya seimbang. Jelang nanti mulai puasa hingga Lebaran, kami akan pastikan beras itu aman," kata Arief. sinpo

Komentar: