Sebanyak Lima Ruas Jalan Jakarta Banjir, BPBD DKI Kerahkan Ratusan Personel

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 29 Februari 2024 | 10:13 WIB
Ilustrasi. Banjir di DKI Jakarta. (SinPo.id/Istimewa/Twitter)
Ilustrasi. Banjir di DKI Jakarta. (SinPo.id/Istimewa/Twitter)

SinPo.id - Sebanyak lima ruas jalan di DKI Jakarta mengalami banjir usai diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, sejak pagi, pukul 06.40 WIB.

Kelima ruas jalan tersebut yaitu, Jalan Percetakan Negara II, Johar Baru (Jakarta Pusat) dengan ketinggian 10 sentimeter (cm) dan Jalan Yos Sudarso, Sunter Jaya (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm.

Jalan Danau Indah Raya, Sunter Jaya (Jakarta Utara) dengan ketinggian 20 cm, Jalan Raya MOI Kelurahan Kelapa Gading Barat (Jakarta Utara) dengan ketinggian 15 cm dan Jalan Boulevard Barat Raya, Kelurahan Kelapa Gading Barat (Jakarta Utara) dengan ketinggian 25 cm.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya telah mengerahkan ratusan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI. 

"Total ada 267 personel petugas penanggulangan bencana atau Tim Reaksi Cepat (TRC) yang bertugas di seluruh wilayah rawan banjir," kata Isnawa Adji kepada wartawan, pada Kamis, 29 Februari 2024.

Isnawa menjelaskan, tim bertugas menangani bencana termasuk banjir, melakukan edukasi dan mengevakuasi warga jika terjadi banjir di wilayah Jakarta serta melakukan penanganan dan pemantauan setelah bencana terjadi.

BPBD DKI juga mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop.

Adapun data wilayah rawan banjir di Jakarta sebagai berikut:

• Jakarta Barat berlokasi di Rawa Buaya, Tegal Alur, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, dan Kembangan Utara (lima kelurahan)

• Jakarta Selatan: Cipete Utara, Petogogan, Cipulir, Pondok Pinang, Ulujami, Pondok Labu, Bangka, Pejaten Timur dan Jati Padang (sembilan kelurahan)

• Jakarta Timur: Bidara Cina, Kampung Melayu, Cawang, Cililitan, Cipinang Melayu, Kebon Pala, Makasar, dan Rambutan (delapan kelurahan)

• Jakarta Utara: Pademangan Barat, Pluit, dan Rorotan (tiga kelurahan).sinpo

Komentar: