Digelar Hari Ini, Begini Tahapan Sidang Isbat Awal Ramadan 2024

Laporan: Tim Redaksi
Minggu, 10 Maret 2024 | 07:18 WIB
Ilustrasi penetapan sidang Isbat. (Foto: SinPo.id/Antara)
Ilustrasi penetapan sidang Isbat. (Foto: SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1445 H, pada hari ini, Minggu 10 Maret 2024. Sidang isbat ini akan berlangsung di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Lalu bagaimana tahapan sidang isbat penetapan awal ramadan?

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kementerian Agama, pelaksanaan sidang isbat penetapan awal ramadan akan dibagi menjadi tiga tahapan.

Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Nantinya pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di channel YouTube Bimas Islam.

"Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib.

Untuk tahapan kedua, sidang isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah yang digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Tahapan ketiga, selanjutnya Kementerian Agama akan melakukan pengumuman melalui konferensi pers dari hasil sidang isbat terkait jatuhnya awal ramadan. Nantinya, pengumuman ini juga akan disiarkan melalui media sosial Kementerian Agama.

Sekedar informasi, sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," katanya.sinpo

Komentar: