Harga Daging Sapi dan Kambing Tembus Rp140 Ribu per Kg

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 13 Maret 2024 | 14:08 WIB
Penjual daging di Pasar Senen. (SinPo.id/Tio)
Penjual daging di Pasar Senen. (SinPo.id/Tio)

SinPo.id - Harga daging sapi dan kambing di pasar tradisional Senen, Jakarta Pusat mengalami kenaikan di bulan Ramadan 1445 Hijriyah.

Pantauan SinPo.id  di Pasar Senen, Jakarta pada Rabu, 13 Maret 2024 tampak para penjagal mencincang-cincang daging sesuai pesanan pembeli. Daging-daging segar lainnya diikat tergantung depan kios, supaya bisa menarik perhatian pembeli. 

Aji (25), salah satu penjual daging kambing impor, mengatakan bahwa harga daging kambing saat ini naik sekitar Rp150 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp140 ribu per kg.

"Ini sekilo Rp150 ribu (per kg), kalo sebelum puasa Rp140 ribu," kata Aji saat berbincang singkat, sambil tangannya memegang pisau memotong kecil-kecil daging kambing. 

Aji hanya menduga, kenaikan ini kemungkinan karena masyarakat membeli untuk stok persiapan sahur dan buka puasa. 

Lebih dari itu, Ia mengaku tidak tahu penyebabnya. Sebab, ia sebatas menerima daging-daging ini dari juragannya. Dan harga pun sesuai apa yang dipesankan bosnya. 

"Mungkin untuk persiapan buka. Tapi gak tahu juga sih. Saya hanya penjual. 

Nih daging-daging di anter bos," kata Aji pamit mengakhiri percakapan karena ingin melayani pembeli. 

Jika dilihat seksama, jualan daging ini sebenarnya tidak terlalu ramai didatangi pembeli. Tampak para penjual daging saling mengobrol dengan teman di sebelahnya yang kiosmya sudah habis. 

"Habis Mas. Dari sebelum subuh tadi buka," kata salah satu penjual daging sapi yang enggan disebut namanya. 

Saat ditanya apakah harga daging sapi naik, pedagang itu menganggut. Ia menyebut, rentang harga daging Rp135 ribu-Rp140 ribu per kg, dari sebelumnya Rp125 ribu per kg.

Namun, kadang-kadang masyarakat tidak membeli per kilogram, melainkan setengah. 

"Ya segitulah harganya sekarang. Tapi banyak yang beli setengah (kilogram), ada juga yang seperempat," kata pedagang itu.sinpo

Komentar: