Pemilu 2024

Prabowo-Gibran Menang Versi KawalPemilu, TKN: Kita Tunggu Hasil Resmi KPU

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 14 Maret 2024 | 18:32 WIB
Prabowo-Gibran (SinPo.id/TKN)
Prabowo-Gibran (SinPo.id/TKN)

SinPo.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memastikan tetap fokus mengawal proses penghitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). TKN tidak mau jemawa sekalipun Prabowo-Gibran disebut menang berdasarkan penghitungan cepat dari sejumlah lembaga.

Ini disampaikan juru bicara (jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Puteri Komarudin, menanggapi rilis teranyar KawalPemilu yang menyatakan pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 menang telak tanpa kecurangan.

"Karena saat ini proses penghitungan suara juga masih berlangsung. Untuk itu, kami akan terus fokus mengawal proses penghitungan suara tersebut," kata Puteri kepada SinPo.id, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2024.

Politikus muda Partai Golkar itu menghormati hasil penghitungan KawalPemilu. Apalagi, dari hasil surveinya tidak ditemukan kecurangan yang dilakukan kubu Prabowo-Gibran dalam memenangkan Pilpres 2024.

"Pastinya, kami menghormati dan menyambut baik atas hasil penghitungan tersebut. Terlebih, KawalPemilu juga menyebut tidak menemukan indikasi kecurangan pasca pencoblosan pilpres yang terstruktur dan sistematis yang dapat menguntungkan salah satu paslon," katanya.

Puteri mengajak semua pihak untuk bersabar menunggu hasil penghitungan akhir KPU. Kemenangan Prabowo-Gibran diputuskan berdasarkan hasil yang ditetapkan KPU.

"Namun, kita tetap harus menunggu hasil resmi yang ditetapkan oleh KPU," tegasnya.

KawalPemilu merilis hasil penghitungan suara dengan hasil Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024 satu putaran. Prabowo-Gibran memperoleh suara 58,45 persen. KawalPemilu bahkan tak menemukan indikasi kecurangan Pilpres 2024 yang terstruktur, sistematis, dan masif.

"Dari penelitian ini, kami tidak menemukan indikasi kecurangan pascapencoblosan pilpres yang terstruktur & sistematis sehingga menguntungkan salah satu paslon," tulis KawalPemilu.

Hasil penghitungan suara real count KawalPemilu 2024 masih tersisa 17,3 persen cakupan TPS. Namun, secara data, tidak akan mengubah hasil penghitungan sementara.

"Oleh karena itu kami mengucapkan selamat kepada paslon 02 yang menang satu putaran >50 persen pada Pilpres 2024," katanya.

Berikut rinciannya menurut nomor urut peserta Pilpres 2024:

- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 25,04 persen

- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 58,45 persen

- Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 16,50 persen.sinpo

Komentar: