Satgas Pangan Polri Awasi Distribusi Bahan Pokok Selama Ramadan

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 14 Maret 2024 | 18:53 WIB
Pedagang beras (SinPo.id/ashar)
Pedagang beras (SinPo.id/ashar)

SinPo.id - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri terus memastikan ketersediaan bahan pangan pokok di beberapa tempat supaya kestabilan harga tetap terjaga selama Ramadan 2024.

Kasatgas Pangan Polri Brigjen Whisnu Hermawan menyebut adanya peningkatan permintaan beberapa bahan pangan pokok selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. 

"Informasi dari manajemen ritel modern bahwa terjadi peningkatan permintaan beberapa komoditi seperti beras, telur ayam dan minyak goreng," kata Whisnu dalam keterangannya, Kamis, 14 Maret 2024.

Whisnu berujar, hal itu terjadi lantaran konsumsi masyarakat meningkat di momen Ramadan dan Lebaran. Dia mengatakan hingga saat ini beberapa Gudang Distribution Center atau Pusat Distribusi sudah mengirimkan bahan pokok penting ke pasar.

"Sudah mensupply bahan pokok penting ke outlet-outletnya untuk pemenuhan kebutuhan hingga beberapa minggu ke depan," ungkap dia. 

Menurut Whisnu, untuk ritel modern di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sendiri ditemukan perkembangan harga beras medium SPHP di harga Rp 10.900 per kilogram. Sementara beras premium bervariasi di harga Rp 12.800 per kilogram hingga Rp 16.500 per kilogram.

Kemudian untuk harga minyak goreng premium di Rp 16.650 per liter, telur ayam di harga Rp 32.100 per kilogram, cabai rawit merah Rp 63.900 per kilogram, dan daging ayam Rp 45.900 per kilogram hingga Rp 50.000 per kilogram.

Selain Jabodetabek, Whisnu menyebut hasil pemantauan di Pasar Tambahrejo Surabaya yakni beras medium seharga Rp10.90 per kilogram, telur ayam Rp31.000 per kilogram, dan daging sapi Rp106.666 per kilogram. 

"Sedangkan untuk Pasar Andir Kota Bandung, harga telur ayam Rp29.000 per kilogram, beras medium Rp11.000 per kilogram dan daging ayam Rp34.000 per kilogram," ujar Whisnu. 

Lebih lanjut, Whisnu menyampaikan, Satgas Pangan turut melakukan koordinasi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terkait dengan pengawasan kendaraan yang mengangkut komoditi pangan tersebut.

"Selain memastikan ketersediaan dan pemantauan harga, Satgas Pangan berkoordinasi dengan Korlantas dalam memastikan kelancaran kendaraan yang mengangkut komoditi pangan agar pendistribusian dari daerah sentra produksi tidak terhambat," tutur dia. sinpo

Komentar: