PILPRES 2024

Pengamat: Prabowo-Gibran Satu Putaran Penuhi Syarat

Laporan: Firdausi
Minggu, 17 Maret 2024 | 17:13 WIB
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengungkapkan kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka satu putaran di Pilpres 2024 sudah memenuhi syarat. Hal ini karena suara capres 02 sudah unggul di 30 provinsi di Indonesia.


"30 povinsi disapu bersih Prabowo- Gibran. Artinya sudah memenuhi syarat menang 1 putatan. Dalam kontek itu tidak ada perdebatan soal menang 1 putaran itu. Karena sesuai dengan aturan UU," kata Ujang saat dihubungi SinPo.id, Minggu, 17 Maret 2024.

Menurut Ujang, kemenangan Prabowo - Gibran di 30 provinsi itu sudah final. Artinya, Pemilu 2024 hanya akan digelar sampai satu putaran.

"Kan penghitungan KPU itu sudah manual. Ya kalau KPU mengatakan menang, ya prabowo menang mutlak, apalagi di 30 provinsi," tuturnya.

Ujang lantas menyinggung bakal adanya capres yang tidak terima atas kemenangan Prabowo, termasuk capres yang mengklaim masuk putaran kedua.

"Soal maju 2 putaran. Ya itu hak kubunya Anies, tetapi kan harus kita pegang soal penghitungan manual yang berjenjang dari KPU," tuturnya. 

"Jadi sudah jelas Prabowo itu menang satu putaran. Oleh karena itu, ya sudah selesai pemilu dimenangkan Prabowo-Gibran tinggal menunggu pengumuman resmi 20 Maret," tegasnya.sinpo

Komentar: