Pengamat: Anies Seharusnya Ikuti Sikap Kesatria Partai NasDem

Laporan: Firdausi
Jumat, 22 Maret 2024 | 15:04 WIB
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomer urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan). (SinPo.id/Antara)
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomer urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan). (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Pengamat politik sekaligus peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI), Bawono Kumoro, Bawono Kumoro, menyatakan langkah Partai NasDem menerima hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memperlihatkan sikap kesatria.

Menurutnya, sikap Partai NasDem itu patut dicontoh oleh politisi dan pimpinan partai lainnya.

"Sikap Partai NasDem menerima hasil Pemilu 2024 baik itu pemilu legislatif maupun pemilihan presiden adalah sebuah sikap politik kesatria karena menujukkan siap kalah selain juga siap menang," kata Bawono saat dihubungi pada Jumat, 22 Maret 2024.

Dia berkata, calon presiden (capres) yang diusung NasDem, Anies Baswedan, seharusnya mengikuti sikap partai pimpinan Surya Paloh yang dengan besar hati mengakui kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024..

"Sikap politik Partai NasDem tersebut patut dicontoh dan diikuti oleh calon presiden Anies Baswedan notabene merupakan calon presiden diusung oleh Partai NasDem," ucapnya.

Bawono lantas menyinggung pengajuan gugatan Tim Amin yang sudah didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang dengan ngotot agar pemilu diulang.

Sikap tersebut, kata dia, menunjukkan jati diri Anies Baswedan, bahwa dirinya tidak siap kalah dalam kontestasi politik.

"Juga meminta agar pemilu 2024 diulang. Tidak dapat dimungkiri hal itu secara tidak langsung menujukkan ketiadaan sikap legowo berbesar hati dari Anies Baswedan," ungkapnya.sinpo

Komentar: