Pilkada 2024

Bawaslu Daerah Diminta Bersiap Awasi Tahapan Pilkada 2024

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 22 Maret 2024 | 15:21 WIB
Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda. (SinPo.id/dok. Bawaslu)
Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda. (SinPo.id/dok. Bawaslu)

SinPo.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Herwyn JH Malonda meminta jajaran Bawaslu daerah untuk bersiap melakukan pengawasan terhadap tahapan Pilkada Serentak 2024, meskipun saat ini masih menyisakan tahapan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kerja-kerja kita terbagi dua, menyelesaikan proses Pemilu 2024 di MK, tapi di sisi lain saat bulan Mei, sudah berjalan verifikasi faktual untuk calon kepala daerah," kata Herwyn dalam acara Penyusunan Mekanisme Evaluasi Pengawas Adhoc Pemilihan Serentak 2024, seperti dikutip Jumat, 22 Maret 2024.

Menurut Herwyn, jajaran Bawaslu daerah harus memastikan bahwa pengawasan terhadap kedua proses itu berjalan lancar. 

Karena itu, jajaran Bawaslu daerah, harus melakukan komunikasi intens dengan Bawaslu pusat agar mendapat bantuan dan arahan jika menemukan kendala. 

"Coba bayangkan, bapak/ibu sekalian belum selesai tahapan pemilu, sudah harus melakukan pengawasan pemilihan. Tapi bapak/ibu harus siap," tegasnya.

Dia juga berharap, jajaran Bawaslu daerah dapat membantu merumuskan format rekrutmen model pengawas adhoc dalam pemilihan serentak.sinpo

Komentar: