Mudik Gratis Lebaran 2024 Kemenhub dan Pemprov DKI, Berikut Syaratnya

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 22 Maret 2024 | 17:29 WIB
Ilustrasi mudik lebaran (SinPo.id/KAI)
Ilustrasi mudik lebaran (SinPo.id/KAI)

SinPo.id - Pemerintah pusat dan daerah membuka program mudik Lebaran tahun 2024, dengan sejumlah kota/kabupaten tujuan. Para pemudik akan diangkut dengan berbagai moda transportasi, baik kapal laut, bus, serta kereta api. 

Berikut mudik gratis dirangkum SinPo.id dari berbagai sumber. 

1. Mudik Gratis Kemenhub

a. Jalur darat. 

Kemenhub menyediakan mudik dan balik gratis jalur darat yaitu 722 unit bus untuk 30.088 orang, 30 truk untuk 900 unit sepeda motor. 

Pendaftaran mudik gratis sepeda motor dengan Bus ini dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat mulai 5 Maret-3 April 2024 atau jika kuota sudah terpenuhi. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik dilakuan pada 14 - 15 April 2024.

Peserta mudik gratis Kemenhub harus memenuhi beberapa syarat. Pertama, pendaftaran dilakukan secara online melalui Mitra Darat. Kedua, memiliki KTP yang sah saat mendaftar. 

Ketiga, peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan. Keempat, peserta mudik dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik serta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan.

Untuk peserta mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa surat - surat kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara, serta menyerahkan sepeda motor sesuai tanggal yang ditentukan/H-1 (satu) sebelum tanggal seremonial/keberangkatan bus.

Berikut 33 kota tujuan mudik gratis Kemenhub:

Berikut 33 kota tujuan mudik gratis Kemenhub:

Jawa Barat

1. Garut

2. Tasikmalaya

3. Cirebon

Jawa Tengah

1. Tegal

2. Pekalongan

3. Semarang

4. Demak

5. Jepara

6. Pati

7. Blora

8. Boyolali

9. Solo

10. Sragen

11. Klaten

12. Wonogiri

13. Purwokerto

14. Cilacap

15. Wonosobo

16. Kebumen

17. Magelang

18. Wonosari

19. Yogyakarta

Jawa Timur

1. Tuban

2. Madiun

3. Surabaya

4. Malang

5. Tulungagung

Sumatera

1. Lampung

2. Bengkulu

3. Padang, Sumatera Barat

4. Palembang, Sumatera Selatan

Kalimantan

1. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

2. Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah

Kota asal arus balik:

1. Solo

2. Madiun

3. Wonogiri

4. Surabaya

5. Semarang

6. Yogyakarta

7. Purwokerto

8. Palembang

9. Cirebon

Daftar kota arus mudik-balik pengangkutan sepeda motor:

1. Solo

2. Wonogiri

3. Semarang

4. Yogyakarta

5. Purwokerto

b. Jalur laut. 

Kemenhub menyediakan mudik gratis melalui Kapal Laut, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor. Pendaftaran telah dibuka pada 13 Maret sampai 17 April 2024 melalui website resmi https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada 5- 7 April, sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada 13- 15 April 2024.

Program ini dilaksanakan sebanyak empat kali perjalanan dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya.

Syarat pendaftaran mudik gratis sepeda motor naik kapal laut, sebagai berikut:

1. Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, STNK

2. Tidak membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan, yang dapat mengganggu mobilitas dan stabilitas saat mengendarai motor.

3. Masing-masing peserta dan penumpang wajib membawa helm sebagai kelengkapan keselamatan wajib dalam berkendara.

4. Verifikasi Calon Peserta Arus Mudik, mulai 15 Maret 2024, setiap hari pukul 09.00 s.d. 16.00 WIB (termasuk hari libur dan tanggal merah) di:

- Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jl. Panaitan No. 105, Tanjung Priok - Jakarta Utara

- Kantor Kementerian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat (wajib menggunakan kemeja atau polo shirt dan menggunakan sepatu. Mengingat keterbatasan lahan parkir maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan, atau memarkir kendaraan di tempat lain).

5. Verifikasi Calon Peserta Arus Balik (Hanya untuk Peserta Arus Balik Semarang ke Jakarta saja yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya), mulai 22 Maret 2024, (termasuk hari libur dan tanggal merah) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Jl. Yos Sudarso No.30, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang - Jawa Tengah. 

c. Jalur kereta api. 

Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program "Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api". Tersedia kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. 

Peserta dapat mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id. Lalu verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk. Pendaftaran juga dapat dilakukan di posko pendaftaran yang ditunjuk.

Tiket kereta api bisa didapatkan mulai 4 Maret-18 April 2024. Keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Syarat-syarat untuk mudik dengan motor yaitu: Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C, WAJIB melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar, Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc. 

Bagi Peserta yang hanya mendaftarkan Sepeda Motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti Mudik moda transportasi lainnya, sepeda Motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan Sepeda Motor, tidak diperkenankan menitipkan Helm dan Kaca Spion, dan BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan

2. Mudik Gratis Pemprov DKI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar program mudik Lebaran termasuk motor, dengan 19 kota/kabupaten tujuan. Pendaftaran akan dibuka pada 20 Maret 2024.

Pemudik diberangkatkan dari kawasan Monas pada 4 April 2024. Sementara truk pengangkut sepeda motor diberangkatkan satu hari sebelumnya yaitu 3 April dari Terminal Pulogadung.

Bus akan kembali ke Jakarta dari 19 terminal tujuan ke Terminal Terpadu Pulo Gebang pada 14 April 2024. Sementara truk pengangkut sepeda motor pemudik diberangkatkan pada 13 April 2024.

Berikut lokasi tujuan bus mudik gratis Pemprov DKI Jakarta:

1. Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung

2. Terminal Alang-Alang Lebar, Kota Palembang

3. Terminal Indihiang, Kota Tasikmalaya

4. Terminal Kertawangunan, Kab. Kuningan

5. Terminal Kota Tegal

6. Terminal Pekalongan

7. Terminal Mangkang, Kota Semarang

8. Terminal Kab. Kebumen

9. Terminal Cilacap

10. Terminal Bulupitu Purwokerto

11. Terminal Tirtonadi Solo

12. Terminal Mendolo Wonosobo

13. Terminal Giwangan Yogyakarta

14. Terminal Pilangsari Sragen

15. Terminal Giri Adipura Wonogiri

16. Terminal Purboyo Madiun

17. Terminal Tamanan Kediri

18. Terminal Kepuhsari Jombang

19. Terminal Arjosari Malang. sinpo

Komentar: