MUDIK LEBARAN 2024

Polri Siapkan 5.784 Pos Pengamanan Selama Masa Mudik 2024

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 25 Maret 2024 | 23:25 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Humas Polri)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Polri menyiapkan 5.784 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu untuk mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Kurang lebih 5.784 pos yang akan disiapkan untuk memberi pelayanan, baik di jalan tol, rest area, arteri, dan jalur wisata,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Jakarta Selatan, dikutip dari laman resmi Polri, Senin, 25 Maret 2024.

Sigit mengatakan dalam Operasi Ketupat tahun ini, 155.165 personel gabungan dikerahkan. Berdasarkan data, diprediksi terjadi peningkatan pemudik sebesar 56 persen dibandingkan tahun 2023.

“Untuk mudik kali ini, kami persiapkan strategi rekayasa lalu lintas, termasuk survei di jalur dari Banten dan Jatim untuk mengetahui titik mana yang harus diperbaiki,” ujarnya.

Sigit menjelaskan dalam rapat tersebut, juga dibahas soal buffer zone, khususnya di wilayah penyeberangan Merak, untuk mengantisipasi kepadatan.

“Masyarakat mungkin harus menunggu beberapa jam untuk masuk Merak. Buffer zone menjadi evaluasi kami, baik di Merak, Ketapang-Gilimanuk, dan sebaliknya,” jelasnya.sinpo

Komentar: