HARGA BAHAN POKOK

Polri Sebut Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok di Riau Aman

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 27 Maret 2024 | 22:56 WIB
Satgas Pangan Polri saat mengecek harga di Riau
Satgas Pangan Polri saat mengecek harga di Riau

SinPo.id - Satgas Pangan Polri memantau harga bahan pokok di sejumlah daerah menjelang Idulfitri 1445 H atau Lebaran 2024, diantaranya sejumlah pasar dan supermarket di Provinsi Riau.

Penyidik Madya Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Kombes Didik Sudaryanto, mengatakan satgas Pangan mengawasi 12 komoditas seperti beras, telur, daging ayam, hingga daging sapi. Menurutnya, ketersediaan bahan pokok di wilayah itu aman, dan harganya tergolong stabil.

“Bahwa sesuai hasil pengecekan bahwa stok 12 komoditi tersebut tergolong aman dan stabil,” kata Didik dalam keterangannya, Rabu, 27 Maret 2024

“Hasil pengecekan komoditi beras medium di Pasar Tradisional Cikpuan memiliki stok sebesar dua ton per minggu, dimana beras medium didapatkan dari Bulog Kanwil Riau, Kepri, dengan harga Rp10.540 per kg dan dijual ke konsumen Rp57.500 per lima kilogram,” sambungnya.

Kemudian, kata Didik, cabai rawit merah memiliki stok sebesar 30 kilogram. Cabe rawit didapat dari daerah Sumatera Barat (Sumbar), dibandrol dengan harga Rp 72 ribu per kilogram, dan dijual Rp 75 ribu per kilogram.

“Hasil pengecekan cabe merah keriting di Pasar Tradisional Cikpuan, memiliki stok sebesar 50 kg, cabai rawit merah didapatkan dari daerah Sumbar dengan harga Rp42.000 per kg, dan dijual Rp 45.000 per kg,” katanya.

Meski begitu, Satgas Pangan dari Mabes Polri bersama Satgas Pangan di daerah tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan. Sehingga, harga dan ketersediaan bahan pangan selama Ramadan dan jelang lebaran tetap aman.sinpo

Komentar: