Ketua MPR Minta TNI Evaluasi Menyeluruh Buntut Ledakan Gudang Peluru di Bogor

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 02 April 2024 | 00:37 WIB
gudang peluru TNI di Bogor terbakar (SinPo.id/Instagram)
gudang peluru TNI di Bogor terbakar (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pihak TNI dan Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya mengevaluasi secara menyeluruh peristiwa ledakan di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Apalagi, insiden nahas itu mengakibatkan puluhan rumah warga rusak.

Bamsoet meminta investigasi harus dilakukan agar mengetahui secara pasti penyebab ledakan yang menyebabkan kebakaran tersebut. 

"Meminta TNI untuk memperhatikan seluruh gudang amunisi termasuk alat utama sistem senjata atau alutsista di seluruh Indonesia, dan memastikan kondisi gudang aman untuk penyimpanan amunisi," kata Bamsoet dalam keterangannya, Jakarta, Senin, 1 April 2024.

Menurutnya, TNI juga perlu memastikan kondisi gudang yang akan digunakan aman untuk penyimpanan amunisi. Di sisi lain, dia mengatakan gudang amunisi jangan berada dekat pemukiman masyarakat.

Dia meminta TNI memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas terkait ketentuan jarak permukiman penduduk dengan gudang alutsista (alat utama sistem pertahanan) dan ketentuan terkait penyimpanan alutsista serta bahan peledak secara keseluruhan.

Selain itu, Bamsoet meminta TNI memperketat pengawasan terhadap standar penanganan amunisi, terutama yang telah kedaluwarsa dan akan dimusnahkan. Menurut dia, kasus serupa sudah beberapa kali terjadi dalam sepuluh tahun terakhir.

Dengan kejadian itu, kata dia, TNI perlu mendata kerugian yang dialami masyarakat serta bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan. Namun, TNI sebelumnya telah memastikan kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

"Dengan memberikan ganti rugi atau dengan merelokasi dan memperbaiki gudang penyimpanan amunisi, serta membuat program treatment mengingat banyak masyarakat yang turut terdampak," katanya.

Sebelumnya, Gudmurah Kodam Jaya TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meledak pada Sabtu, 30 Maret 2024, sekitar pukul 18.30 WIB hingga gudang itu terbakar.sinpo

Komentar: