MUDIK LEBARAN 2024

TNI Kerahkan Pesawat Hercules dan KRI untuk Amankan Mudik Lebaran 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 03 April 2024 | 16:44 WIB
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (SinPo.id/ Ashar)
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id -

Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyatakan bakal mengerahkan armada militernya guna mengamankan arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2024.

Hal itu disampaikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Monas, Rabu, 3 April 2024.

Agus mengatakan, armada militer yang akan diterjunkan TNI yakni Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk mengangkut pemudik dan meenyiagakan pesawat Hercules. Selain itu, truk dan bus milik TNI AD hingga helikoper juga dikerahkan.

"TNI kerahkan Angkutan Laut, KRI jenis LPD (Landing Platform Dock) dan kapal ADRI. Angkatan Udara pesawat C130 Hercules, Angkatan Darat armada bus dan truk di satuan TNI. Kemudian, helikopter TNI untuk mengevakuasi medis darurat. Mobil derek di satuan-satuan peralatan TNI untuk mengantisipasi kecelakaan dan kemacetan lalin,"  ungkap Agus. 

Dia berujar, TNI juga menerjunkan sebanyak 67.955 prajurit dalam Operasi Ketupat 2024 dalam rangka mengawal pelaksanaan mudik hingga Hari Raya Lebaran 2024. 

"Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024, TNI menyiapkan 67.955 prajurit siap gerak untuk mendukung Polri, dan TNI akan membantu di pusat keramaian, tempat ibadah, bandara, pelabuhan, penyeberangan laut, terminal bus, stasiun kereta api, tempat peristirahatan mudik, mal, pasar, tempat rekreasi dan sarana umum lainnya," tutur dia. 

Lebih jauh, Agus menegaskan, TNI siap berkolaborasi bersama Polri untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat. 

"TNI siap mendukung pengamanan Hari Raya Idulfitri 1445 H dengan bersinergi dengan Polri, untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga dapat menjalankan hari raya Idul Fitri dengan aman, nyaman, tertib dan lancar," ujar Agus. sinpo

Komentar: