Pegadaian Catat Aktivitas Beli dan Gadai Emas Meningkat Jelang Lebaran

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 06 April 2024 | 05:46 WIB
Pegadaian
Pegadaian

SinPo.id -  Aktivitas beli dan gadai emas meningkat menjelang Lebaran 2024. Pernyataan itu disampaikan Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah.

Dia menjelaskan pembelian emas tumbuh sebesar 5 persen, sementara gadai emas tumbuh 5,5 persen pada Maret 2024. Pertumbuhan itu dipengaruhi pemenuhan kebutuhan masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri dan mengamankan aset sebelum mudik Lebaran.

"Pembelian emas yang cicilan itu sudah bulan ini tumbuhnya sudah 5 persen pertumbuhan bulanannya," kata Eka pada Jumat 5 April 2024. 

Dia mengungkapkan sejumlah nasabah menebus emas saat mendapatkan THR. Sementara nasabah lainnya menggadaikan emas atau kendaraan untuk mengamankan aset.
  
"Animo gadai tinggi," kata dia

Jika emas disimpan atau kendaraan ditinggalkan di rumah saat mudik, dikhawatirkan hilang, sehingga masyarakat memilih untuk menggadaikan emas dan atau kendaraannya ke Pegadaian.
 
"Jadi banyak masyarakat ya sudah daripada risiko saya tinggal emas, mobil saya tinggal (di rumah), kalau nggak dipakai mudik barangnya masukkan saja di Pegadaian," tuturnya.
 
Banyak perusahaan juga yang mungkin menggadaikan asetnya ke Pegadaian untuk memenuhi kebutuhan pembayaran THR ke karyawan. Selain itu, menurut Eka, potensi gagal bayar nasabah kecil karena adanya keluwesan.sinpo

Komentar: