150 Rumah di Kabupaten Teluk Bintuni Terendam Banjir

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 06 April 2024 | 17:45 WIB
Sebuah masjid terendam banjir di Teluk Bintuni, Papua (Sinpo.id/BNPB)
Sebuah masjid terendam banjir di Teluk Bintuni, Papua (Sinpo.id/BNPB)

SinPo.id -  Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari menyampaikan Distrik Yakora, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat terendam banjir.

Banjir disebabkan meluapnya sungai Sebyar akibat hujan cukup lebat terjadi di sebagian besar daerah Kabupaten Teluk Bintuni, sejak Kamis, 4 April 2024.

"Data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, Jumat, 5 April 2024 malam, sedikitnya 500 jiwa atau 150 Kepala Keluarga (KK) turut terdampak karena banjir merendam hingga ke permukiman warga," kata Abdul Muhari dalam keterangannya, Sabtu, 6 April 2024.

Adapun wilayah yang terendam di antaranya Kampung Kyambo, Kampung Bumbangyakira, Kampung Manini, Kampung Yakora I, dan Kampung Yakora II. Dilaporkan sebanyak 150 rumah terendam dan satu unit sarana ibadah terdampak.

"Saat ini banjir berangsur surut, kendati demikian BPBD setempat tetap bersiaga dan berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri setempat terhadap ancaman potensi banjir susulan," kata Muhari.

Selain kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Teluk Bintuni dan Porivinsi Papua Barat bersama tim gabungan telah menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hingga kini belum ada laporan dampak lain baik terhadap korban jiwa maupun kerusakan bangunan dan lainnya.

"Mengantisipasi dampak buruk dan potensi bencana susulan, BPBD telah mengimbau masyarakat tetap waspada khususnya terhadap potensi banjir mengingat berdasarkan prakiraan cuaca BMKG," kata dia.

Pada Sabtu, 6 April 2024 hujan masih akan mengguyur wilayah Kabupaten Teluk Bintuni, dengan intensitas hujan petir hingga ringan pada periode waktu pukul 12.00 WIT hingga 18.00 WIT. sinpo

Komentar: