Festival Ketupat 2024 Manfaatkan Momen Lebaran Ketupat untuk Tarik Minat Wisatawan

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 16 April 2024 | 07:25 WIB
Ketupat (pixabay)
Ketupat (pixabay)

SinPo.id -  Dinas kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumenep akan menggelar
Festival Ketupat 2024. Lebaran Ketupat merupakan tradisi lebaran ketujuh usai Idul Fitri yang menjadi kebiasaan warga Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur.

Festival Ketupat 2024 akan digelar di Pantai Lombang, Kecamatan Batang-batang pada Selasa, 16 April 2024 pukul 07.30 WIB. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan hiburan kepada warga Sumenep.

“Yang baru mudik ke kampung halaman, serta para wisatawan dan wisatawan manca negara,” kata Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan pada Minggu 14 April 2024.

Diadakannya acara pada hari lebaran ketupat itu demi menambah daya tarik pengunjung setiap tahunnya untuk datang ke Kabupaten Sumenep, agar perekonomian semakin meningkat.

“Pastinya festival ketupat ini dalam rangka menyemarakkan Sumenep Calendar of Event 2024,” tutur dia.

Dalam pagelaran itu berbagai hiburan akan menghiasi jalannya acara. Mulai dari Seni Budaya Kolosal, Sanggar Gayatri, Lomba Orong Ketupat, Tradisi Ketoprak Losbar, hingga dan Lomba Merangkai Ketupat.

Sementara sebelum tanggal 16 April 2024, akan ada pertunjukan Layangan LED pada Senin (15/4/2024) malam di pantai tersebut.

“Jadi malamnya, sebelum esoknya Festival Ketupat, ada pertunjukan Layangan LED di pantai Lombang,” tambahnyasinpo

Komentar: